Tugas yang penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai seorang manajer adalah mengelola sumber daya atau pengorganisasian atau organizing. Satu hukum dalam ekonomi yang harus dipahami adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut yang terdiri dari man, money, machine, method, material, market, minute sampai dengan informasi yang ada seputar bisnis mereka masing-masing. akan tetapi, jelas, hukumnya adalah bagaimana sumber daya itu terbatas.

Pengorganisasian itu berhubungan dengan bagaimana seorang entrepeneur bisa melihat karyawan mereka sebagai sebuah sumber daya. Ingat, yang ada dalam setiap entrepreneur itu adalah karyawan itu sebagai sebuah asset dengan pengetahuan, keterampilan, sikap, komitmen serta pengalaman dalam bekerja. Tidak lagi melihat karyawan dalam bentuk jumlah semata. Dalam penempatan karyawan, harus diperhatikan hal-hal  yang berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, sikap, pengalaman.

Pengorganisasian yang kedua adalah bagaimana money, yaitu sumber daya yang berhubungan dengan uang yang ada dalam perusahaan. Pasti yang seringkali disampaikan oleh banyak orang adalah keterbatasan keuangan. Ini adalah penting karena bisnis itu akan kalau tidak dibuat anggaran, akan membutuhkan uang yang banyak sementara entrepreneur memiliki dana yang terbatas. Inilah yang harus dikelola.

Pembuatan anggaran perusahaan mulai dari keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia serta teknologi informasi yang harus dibuatoleh entrepreneur sehingga akan bisa bisa dialokasikan kepada pos-pos yang berhubungan dengan bisnis.

Sumber daya berupa mesin juga harus dikelola dengan baik. Keterbatasn peralatan dan perlengkapan yang harus dimanage dengan baik. Buat skala prioritas dalam setiap penggunaan asset berupa mesin. Yang selanjutnya adalah sumber daya yang berhubungan dengan bahan baku atau material. Hal ini penting bagi entrepreneur untuk fokus dalam mengalokasikan bahan baku untuk membuat produk.

Yang tidak kalah penting adalah sumber daya dalam bentuk metode. Inilah yang menjadi sumber daya yang bersifat intangible. Sumber daya ini berhubungan dengan know how yang dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Bahkan menjadi sustainable competitive advantage.

Pasar adalah sumber daya yang juga dimiliki oleh perusahaan. jadi, entrepreneur harus benar-benar melihatnya sebagai sebuah asset  yang harus dilayani. Demikian juga dengan waktu yang memiliki karakteristik sebagai sumber daya yang tidak dapat dibeli kembali. Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur bisa mengelola informasi yang pastinya sudah lebih mudah untuk didapatkan saat ini.

Inilah sumber daya yang harus dikelola oleh entrepreneur dalam konteks managerial skill secara efektif dan efisien.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: