Assalamualaikum wr. wb. 

Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya dalam program Belbiz ini dan saya Rohiman, tinggal di Sukatinggal, Bandung, Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan yaitu saya suka bingung, bagaimana cara memasarkan produk yang dulunya laku, tapi sekarang sudah mulai kalah oleh pesaing baru


Waalaikum salam wr. Wb. 


Agus Rohiman, Bandung, 





Wasalamualakum wr. Wb. 


Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur. 


Menjadi seorang entrepreneur tentu akan mengalami siklus dalam memasarkan produknya karena memang sejatinya sebuah produk itu mengalami sebuah siklus hidup atau lifecycle mulai dari introduction, growth, mature sampai dengan decline dimana produk tersebut menjadi menurun permintaanya sampai dengan habis. Hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis. 


Hanya saja, kalau menghadapi kondisi seperti ini, maka setiap entrepreneur harus benar-benar kembali memahami konsumen atau pasar sehingga diketahui need, want dan demand pasar dengan baik. hal ini menjadi dasar untuk meningkatkan sebuah produk yang sudah tidak laku lagi di pasar. ingat, konsepnya adalah market driven dimana produk harus bisa sesuai dengan keinginan pasar. 


Selanjutnya juga harus memikirkan bagaimana pesaing dalam memasarkan produk karena ini menjadi acuan dari konsumen. tidak bisa lagi semata-mata hanya melihat konsumen karena ini akan menjadi salah dalam hal pemahaman terhadap produk yang akan ditawarkan tersebut. Ingat, pesaing ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik untuk menilai apa yang harus dibutuhkan oleh konsumen. 


Barulah setelah itu membuat produk yang lebih unggul dari pesaing dan berbeda dengan yang selama ini ada. Jelas nantinya juga seorang entrepreneur harus bisa menilai biaya yang melekat pada produk tersebut. Kalau ini sudah terjadi, komunikasikan produk kepada konsumen dan calon konsumen. bagi yang sudah mencoba, berikan kepuasan dan buat mereka loyal. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur untuk mengembalikan produk yang sudah tidak laku lagi.   


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: