Pemerintah merupakan stakeholders utama dalam bisnis para entrepreneur dan memberikanpengaruh utama dalam perjalanan bisnis agar bisa profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Saat ini, pemerintah sedang berupaya untuk memberikan kemudahan dan dukungan kepada para entrepreneur agar bisa menjalankan bisnis secara optimal. Hanya saja, kebijakan yang berhubungan dengan ekonomi seringkali “tertutup” oleh kebijakan dibidang lainnya seperti politik, budaya, sosial dan lain-lain. Lihat saja bagaimana paket kebijakan yang berhubungan dengan ekonomi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah.

Sebagai seorang entrepreneur, ada pelajaran yang berharga ketika bicara tentang kebijakan pemerintah dan hubungannya dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. sejatinya, seorang entrepreneur harus mulai berfikir bagamana mereka bisa membaca dengan baik setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah karena hal ini harus dimulai dari sebuah pemahaman atas kebijakan tersebut. Seringkali entrepreneur tidak memahami dengan baik dan bahkan membacanya sepotong-sepotong. Tentu makna nya juga akan sangat jauh berbeda.

Dalam konteks ini,jelas awal yang harus dilakukan adalah bagaimana memahami dengan baik setiap kebijakan pemerintah. Setelah itu, barulah entrepreneur melihat keterhubungannya dengan bisnis yang dijalankan. Kenapa demikian? Korelasi dari setiap kebijakan kepada bisnis adalah kunci utama melihat bagaimana sebuah kebijakan dan apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam hal hubungannya dengan kebijakan pemerintah tadi.

Mencari keterhubungan antara kebijakan pemerintah dengan bisnis itu menjadi penting bagi setiap entrepreneur agar bisa mengoptimasi setiap kebijakan yang dibuat pemerintah dan dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. kalaupun ada kebijakan yang mengancam bisnis para entrepreneur, dapat diantisipasi dengan lebih awal sehingga setiap resiko yang melekat pada kegiatan bisnis dan juga hal yang mengancam bisnis dapat diantisipasi. Bahasa sederhananya, bagaimana entrepreneur bisa melakukan manajemen resiko atas apa yang dihasilkan oleh kebijakan oleh pemerintah.

Barulah setelah itu setiap entrepreneur mengambil tindakan atas apa yang dilakukan dalam bisnis sesuai dengan peluang yang diberikan oleh setiap kebijakan pemerintah. Action is more important than thingking dan ideas. Itulah bahasa sederhananya dimana setiap entrepreneur harus benar-benar melakukan tindakan nyata untuk memanfaatkan setiap peluang dan mengurangi resiko yang melekat pada setiap kebijakan pemerintah. Inilah substansi dari keberadaan program pemerintah dan mengambil manfaat atas kebijakan epemrintah tersebut. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: