Kebetulan saya sedang mendalami konsep social capital dan rasanya, relevan sekali dengan networking yang dihubungkan dengan entrepreneur dalam membangun bisnis. Mari kita lihat kondisi real seorang entrepreneur dalam membangun bisnis terlebih dahulu. Tentu entrepeneur menghadapi yang namanya keterbatasan dalam resources, baik tangible resources, intangible resources ataupun human resources.

Meskipun mereka memiliki banyak uang, pasti ada lemahnya di resources tersebut. Disinilah pentingnya setiap entrepeneur membangun networking dengan para stakeholders yaitu akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, perbankan dan juga media. bentuknya? ya bisa jadi seperti yang disampaikan di atas, seperti teman-teman kita sendiri. akan tetapi, substansinya adalah resources yang melekat dari netwroking tadi yang disebut dengan modal sosial atau social capital yaitu resources embedded in the networking, sumber daya yang melakat pada hubungan yang dilakukan pada ABCG + media dan banking, tadi.

Bentuknya adalah informasi, peluang kerjasama, peluang pendanaan, peluang pasar, peluang transfer of knowledge dan pengalaman. Ini belum tentu didapatkan oleh entrepeneur sendiri dan kalaupun dapat, pastinya harus mengeluarkan biaya besar.. sementara social capital? tidak akan besar, pastinya, paling untuk bertemu, diskusi, makan-makan serta time cost. Keberadaan social cost ini bersifat stratejik bagi entrepeneur untuk memenuhi resources yang dibutuhkan perusahaan. hanya saja, entrepeneur perlu memahami konsep bisnis danlingkungan bisnisnya dengan tepat. Kedua, pahami stakeholders yang relevan dengan bisnis kita dan apa kontribusinya untuk bisnis kita.

Jadi, pilihlah rekanan yang akan diajak untuk ketemu, jangan hanya wasting time dan bahkan membuat hal yang negatif seperti hanya kongkow-kongkow saja. Ketiga, berikan kontribusi pada stakeholders, baik pemikiran, konsep. jadi tidak take aja, tetapi give juga. keempat, bangun trust. kepercayaan menjadi penting dalam membangun networking agar bisa dapat social capita. Keima, lakukan evaluasi dan ambila tindakan perbaikan atas networking dan social capital tadi dalam bentuk kontribusinya pada bisnis kita sendiri... so, setuju untuk membangun networking dengan orang yang tepat dan sesuai dengan bisnis kita serta ambil manfaatnya dari networking tersebut dalam bentuk social capital... mari jadi entrepeneur sukses berbasis knowledge dan menjadi ahli strategi untuk bisnis kita...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: