Bahasan Belajar Bisnis atau Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM pada hari Jumat, 18 November 2016 berhubungan dengan business process dalam sebuah bisnis dan bagaimana relevansinya dengan para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis. ulasan yang sederhana dan ringkas diberikan oleh Meriza Hendri, CEO STRABIZ MANAGEMENT BANDUNG dengan basis pengetahuan dan pengalamannya dalam menjalankan bisnis dalam konteks pensiunpreneur. 

“saya memilih untuk menjadi seorang pensiunpreneur untuk bisa mencapai keberhasilan yang lebih tinggi” kata Meriza. Hal ini menjadi dasar setiap karyawan untuk berbisnis dan menjadi seorang pensiunpreneur sukses. Seringkali orang tidak memiliki fondasi yang kokoh sehingga mereka terjebak dengan hal-hal yang bersifat tidak mendasar dan ketika menghadapi sebuah permasalahan bisnis, mereka akan mundur secara teratur alias bangkrut. 

Lalu, tentu seorang pensiunpreneur harus memilih bisnis yang dapat dikembangkan. Pemilihan bisnis oleh para calon pensiunpreneur harus benar-benar berbasis kepada kompetensi yang mereka miliki yang berhubungan dengan business process dalam bisnis tersebut. Seringkali karyawan terjebak untuk menjalankan bisnis karena tidak memahami proses bisnis dengan baik sehingga mereka tidak bisa mengendalikan proses bisnis dengan baik. akibatnya? Tentu bisa membuat sebuah cost yang tidak sedikit oleh para pensiunpreneur. 

“disinilah seorang karyawan kalau pensiun dan memilih bisnis, pilihlah bisnis yang relevan dengan pekerjaan di tempat kerja” kata Meriza. Hal ini berhubungan dengan bagaimana seorang pensiunpreneur fokus pada membangun sebuah proses bisnis yang terdiri dari SUPPLIER, INPUT, PROCESS, OUTPUT, CUSTOMER (SIPOC) dengan baik. dengan pengetahuan, keterampilan, sikap dan juga pengalaman dapat mempermudah seorang pensiunan dalam menjalankan bisnis. 

Beberapa keuntungan bagi para karyawan yang berbisnis relevan dengan pekerjaan adalah karyawan memiliki intangible asset sehingga mereka lebih unggul dari pesaing dalam menghasilkan produk. Selain itu, pensiunpreneur juga bisa mengelola resiko dengan lebih baik. hal inilah beberapa hal  yang diulas oleh Meriza di program Belbiz on Radio tadi malam.

Beberapa sahabat K-Lite juga mengajukan pertanyaan kepada Meriza dan setiap pertanyaan dijawab dengan baik oleh Meriza.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: