Assalamualaikum wr. wb. 

Bagaimana cara memilih seorang marketing handal, apakah cukup dia pintar bicara, bagaimana cara menghadapi konsumen yang banyak komplen?

Waalaikum salam wr. Wb.

Agung, Rancaekek 

 
 
Wasalamualakum wr. Wb. 
 
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur.

Memilih seorang tenaga marketing berbeda dengan tenaga sales dimana mereka memang harus benar-benar memiliki kompetensi dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap serta pengalaman dalam bidang marketing. Kenapa demikian? Karena marketing itu berhubungan dengan kompetensi dalam melihat ataupun menciptakan pasar sehingga akan dicari kesesuaian antara produk yang harus dihasilkan agar bisa dibeli konsumen, memberikan solusi kepada konsumen, membuat konsumen puas sampai dengan konsumen yang loyal kepada para entrepreneur. 

Hukum ini berlaku sehingga tidak mudah menjadi seorang marketer ditengah tingginya tingkat persaingan bisnis saa ini. oleh karena itu, tidaklah cukup hanya memiliki seorang marketer yang berbasis kepada talk only atau hanya bisa bicara. Akan sangat berbahaya bagi setiap entrepreneur kalau mereka hanya bisa bicara. Saran saya, mereka harus berlatar belakang pendidikan marketing, berpengalaman dengan marketing untuk produk sejenis yang kita hasilkan sampai dengan mampu mencapai target.

Bagi permasalahan kedua yaitu menghadapi konsumen yang complain, bagi saya itu harus disyukuri karena kalau kita memiliki konsumen yang complain, berarti mereka komit kepada perusahaan kita. dalam konteks ini, seorang entrepreneur harus benar bisa melakukan complain handling dimana meminta maaf kepada konsumen yang tidak puas atau complain, mencari akar masalahnya. Memperbaiki dan berjanji untuk tidak terulang lagi,. Hal ini akan membuat setiap entrepreneur mampu membuat konsumen yang kecewa menjadi puas lagi. Oleh karena itu, jangan sia-siakan konsumen yang complain kepada setiap entrepreneur. 

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: