Apakah suatu keharusan jika dalam memulai usaha itu melibatkan para ahli yang telah sukses di bidang yang sama, untuk pendamping.

Tardiana di Jl. Laswi.


Salam Bapak Tardiana

Luar biasa, pertanyaannya karena jarang orang yang menanyakan akan hal ini karena seringkali start up merasa bahwa dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki sudah cukup untuk memulai sebuah bisnis. jadi, mereka seringkali sungkan untuk mencari seorang coach ataupun mentor untuk berbisnis. Hasilnya? Hmmm ….. seringkali terjebak kepada kesalahan-kesalahan yang berulang sehingga membuat bisnis tersebut akan lambat tumbuh dan berkembang. 

Bicara tentang keharusan, rasanya, tidak ada sih sebuah keharusan untuk melibatkan ahli yang telah sukses untuk menjadi pendamping. Itu adalah sebuah pilihan  yang harus diambil oleh para entrepreneur atau start up agar sukses karena yang dicari saat ini adalah sebuah percepatan dalam bisnis untuk bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Percepatan menjadi kata kunci saat ini karena ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak dapat dikontrol, mengalami turbulensi dan yang paling pasti adalah akan selalu berubah. Ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam memulai usaha karena perubahan lingkungan ini akan berdampak kepada peluang bisnis ataupun ancaman. Tentu pada akhirnya akan berdampak kepada perjalanan bisnis setiap entrepreneur. 

Disinilah peran seorang pendamping bagi para start up dan entrepreneur dalam memulai bisnis. para pendamping yang bisa menjadi seorang coach dan mentor dapat membantu seorang entrepreneur ini membuat keputusan bisnis dengan lebih hati-hati. Pendamping itu akan memberikan arahan kepada entrepreneur dalam menganalisis resiko yang akan dihadapi dan dapat mengurangi resiko yang lebih besar. Inilah yang harus menjadi perhatian entrepreneur. 

Selain itu, setiap coach dan mentor dapat memberikan pandangan jangka panjang kepada entrepreneur untuk sukses. Pandangan para coach dan mentor untuk setiap start up itu akan memberikan kunci sukses bagi mereka sehingga seluruh potensi resiko yang ada. Jelas sekali kalau begitu setiap start up diharapkan untuk memiliki pendamping agar bisa membuat bisnis lebih baik untuk saat ini dan yang akan datang. Oleh karena itu, lebih baik cari pendamping untuk sukses ya….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: