Membaca berbagai berita yang berkembang saat ini menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap entrepreneur dalam mendesain dan membangun bisnis. Ada satu berita yang sangat gencar yaitu rencana umat muslim yang memiliki uang di rekening bank untuk mengambil uangnya dan kemudian di pindahkan ke perbankan syariah.

Informasi ini dikenal denan rush money dan membuat pemerintah berfikir mengambil langkah agar hal ini tidak terjadi dan bisa meminimalisir resiko yang akan dihadapi nantinya. Bahkan menteri keuangan meminta masyarakat untuk tidak melakukan rush money. Yang tidak kalah penting, Kapolri mengambil sikap mencari orang yang mengedarkan isu untuk melakukan rush money di social media.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga yang perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis yaitu pertama, bagaimana membaca sebuah informasi yang berkembang dimasyarakat. Hal ini penting karena berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur dapat memahami setiap berita yang berkembang dengan baik. hal ini tiak akan bisa dilepaskan dari lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti dan tidak bisa dikontrol serta mengalami turbulensi.

Kemampuan setiap entrepreneur dalam mendengarkan berita adalah penting agar bisa membuat setiap entrepreneur sensitive dengan setiap informasi yang berkembang. Jangan abaikan informasi dan sekarang, tinggal bagaimana menganalisis validitas dan informasi yang berkembang. Perlu diketahui bahwa saat ini informasi berkembang dimana-mana dan dari mana-mana. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan menangkap informasi untuk kepentingan bisnis.

Setelah itu, barulah entrepreneur perlu menganalisis informasi yang relevan dengan bisnis yang dijalankannya karena relevansi ini menentukan sejauh mana manfaat dari informasi kepada bisnisnya. Seringkali entrepreneur tidak bisa mengalanisis informasi yang berkembang di masyarakat dan hubungannya dengan bisnis masing-masing. sangat disayangkan kalau hal ini terjadi karena sejatinya entrepreneur harus bisa menganalisis apa  yang terjadi di lingkungan bisnis dan terus memberikan analisis kepada bisnis mereka, apakah menjadi sebuah peluang ataupun ancaman dalam menjalankan bisnis.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi ini akan selalu terjadi dalam diri setiap entrepreneur dan akan memberikan pengaruh. Kalau terlambat dalam mengantisipasi ancaman, akan membuat kondisi perusahaan tidak benar, dan sebaliknya, kalau bisa mengambil peluang akan bisa memberikan value kepada bisnis. inilah yang harus dipahami dan kalau dihubungkan dengan rush money, sudah seharusnya entrepreneur mengecek informasinya dan menganalisis dampak informasi tersebut kepada bisnis masing-masing. bagaimana dengan anda? hmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: