Assalamualaikum wr. Wb. 

Saya Ginanjar sedang streaming dari Bogor. Mau tanya, bagaimana cara yang tepat untuk menghandle bisnis jarak jauh agar tidak mudah dicurangi pegawai?

Ginanjar, Bogor.


Wassalamualaikum wr. Wb.

Terima kasih sahabat Ginanjar, atas pertanyaannya. Memang sejatinya seorang entrepreneur tidak harus selalu dekat dengan tempat bisnisnya yang dapat digambarkan bagaimana seorang entrepreneur nantinya akan memiliki beberapa cabang dan tersebar di berbagai tempat yang pastinya tidak akan berdekatan dengan tempat tinggal para entrepreneur. 

Hal yang harus disiapkan oleh entrepreneur adalah
1.       Memahami proses bisnis
Entrepreneur harus memahami dengan baik proses bisnis yang ada di perusahaannya. Hal ini penting karena akan menentukan bagaimana entrepreneur bisa melihat apa yang terjadi di bisnis masing-masing.

2.       Menetapkan tujuan
Tetapkan tujuan bisnis yang akan dicapai oleh setiap karyawan di lokasi yang jauh tadi. Tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan dibatasi oleh waktu yang jelas. Adanya time table yang jelas.

3.       Membuat Standard Operating procedure
Entreprepreneur harus bisa membuat standard Operating Procedures  (SOP) yang dapat dipahami dan dijalankan dengan baik oleh setiap karyawan.

4.       Mempersiapkan anggaran
Siapkan anggaran yang jelas dan tepat sesuai dengan rencana kerja yang akan dijalankan oleh setiap karyawan. anggaran ini akan menentukan sejauh mana entrepeneur akan bisa bekerja secara efektif dan efisiein.

5.       Memilih orang-orang yang memiliki kompetensi
Pilihan orang-orang terbaik dengan job specification memiliki komptensi yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang benar dalam bekerja.

6.       Membagikan tugas dengan jelas dan beri wewenang yang jelas
Bagikan tugas yang jelas dan berikan wewenang yang sesuai dengan pekerjaan yang diberikan serta masalah yang nantinya akan ditemui oleh karyawan. wewenang yang cukup akan bisa memberikan kreativitas dan inovasi para karyawan dalam menjalankan tugas tersebut. Jangan terjebak dengan tugas yang tidak didukung oleh wewenang tersebut.

7.       Melakukan evaluasi dan kontrol dan lakukan perbaikan
Yang harus dilakukan oleh entrepreneur adalah bagaimana melakukan evaluasi dan kontrol atas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan secara berkala. Minimal setiap hari ada kontrol yang harus dilakukan. Selanjutnya, tentu tugas seorang entrepreneur adalah melakukan perbaikan atas apa yang terjadi di hari itu. Karyawan membutuhkan solusi yang cepat dan tepat serta terjadi perbaikan terus menerus. Ada konsep kaizen atau continues improvement dalam menjalankan bisnis. 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh Ginanjar untuk menjalankan bisnis yang dibatasi oleh ruang yang cukup jauh dari tempat tinggal. SUKSES DAN SALAM BELBIZ

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: