Assalamualaikum wr. Wb. 

Kang Meriza, perkenalkan nama saya syarif dan saat ini saya berbisnis di bidang IT dengan membuat web atau yang lebih dikenal dengan web developer, aplikasi android, software management dengan nama perusahaan Cyberlabs, online business solution. Bisnis ini sudah saya jalankan beberapa tahun. 

Saat ini saya berencana untuk menambah tim yang terlibat dalam perusahaan karena semakin banyak project. Oleh karena itu, saya membutuhkan manajemen seperti yang kang meriza selalu sampaikan dirubrik ini. bagaimana mengembangkan managerial skill karena saya belum sempat kuliah, apalagi kuliah untuk jurusan manajemen. 

Demikian pertanyaan ini saya sampaikan dan besar harapan saya mendapat tanggapan dan jawaban dari kang Meriza. Atas tanggapan dan jawabannya saya mengucapkan terima kasih dan sukses selalu bagi kang Meriza

Wassalam 

Syarif


Waalaikum salam syarif

Saya sangat senang mendapatkan pertanyaan dari syarif karena adanya kesadaran dari para entrepreneur muda saat ini untuk mendalami manajemen karena apapun bisnis kita, pasti manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis. Di GIMB Entrepreneur School, kami selalu menekankan bahwa bisnis para entrepreneur itu harus bisa mencapai profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Satu hal yang menjadi target kami di GIMB adalah ingin menciptakan a successful knowledge based young entrepreneur yaitu entrepreneur muda yang sukses dengan basis pengetahuan yang dalam hal ini adalah pengetahuan tentang hakekat entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen. Hubungannya adalah entrepeneur tidak akan sukses bila tidak pahami bisnis dan lingkungan bisnis serta bisnisnya tidak akan langgeng bila tidak menggunakan manajemen dalam menjalankannya. 

Oleh karena itu, syarif harus belajar tentang manajemen ini dengan cara pertama, membaca. Ini penting karena dengan membaca, banyak hal yang bisa syarif dapatkan. Membaca buku, majalah, artikel, bahkan jurnal tentang manajemen. Teman-tema manajemen menjadi sangat menarik saat ini seiring dengan berkembangnya entrepeneurship di kalangan anak muda. Kedua adalah dengan mengikuti pelatihan maupun seminar dan diskusi bisnis.   

Ketiga, bergabung dengan komunitas bisnis dimana disini syarif bisa berbagi tentang pengetahuan bisnis dan manajemen dari para entreprneur lainnya dan bahkan dari para akademisi yang bergabung dengan komunitas tersebut. Ada HIPMI, ada TDA dan bahkan ada GIMB Foundation yang terdiri dari para entrepreneur dan juga para akademisi.

Yang keempat adalah menerapkan manajemen dalam aktivitas bisnis syarif dengan proses Planning, Organizing, Actuating sampai dengan controlling. Hal ini akan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga attitude syarif dalam manajemen itu sendiri. khususnya dalam managerial skill untuk bisnis syarif sendiri. Sukses ya.....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: