Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas program yang sudah memberikan value kepada saya dalam berbisnis karena sangat relevan dengan bisnis yang baru saya jalankan. Adapun permasalahan yang saya hadapi adalah banyaknya pungutan liar atau tidak resmi sementara bisnis saya baru berjalan. Apakah saya harus menutup usaha ini?

Waalaikum salam wr. Wb.
Sansan, cijaura Girang

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan yang sudah diberikan dan pastinya ini juga dihadapi oleh entrepreneur lain dalam menjalankan bisnis karena berhubungan dengan bagaimana membangun bisnis yang masih terseok-seok.

Bicara tentang biaya tidak resmi, memang di negara inisangat terkenal dengan ekonomi biaya tinggi dimana banyak sekali pungutan tidak resmi yang pastinya membuat biaya usaha setiap entrepreneur semakin meningkat. Sementara, penerimaan juga belum optimal dalam berbisnis. Untuk merubahnya juga tidak mudah. Inilah yang menjadi salah satu tantangan para entrepreneur dalam berbisnis. Penting untuk dipahami dengan baik.

Kalaupun tidak bisa dirubah, perlu entrepreneur itu harus mempersiapkan berapa jumlah pungutan liar dan dipetakan serta dimasukkan ke dalam biaya yang harus dikeluarkan agar bisa membuat bisnis berjalan dengan baik. ini akan menjadi bagian dari total cost yang harus dikeluarkan oleh setiap entrepreneur dan pastinya harus menjadi perhatian.

Ketika ini sudah dipersiapkan, jelas yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat hubungan baik dengan para pihak yang terkait karena bisa membantu penurunan biaya. Hubungan baik ini lah yang kalau disebut sebagai bagian dari kerangka program Corporate Social Responsility atau CSR yang harus dilakukan oleh para entrepreneur.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: