Assalamualaikum wr. Wb.

Nama saya Hadian dan saat ini saya sedang berbisnis travel yang sudah saya jalankan hampir selama dua tahun bersama dua orang teman saya. Bisnis Ini sangat menark bagi saya karena memiliki peluang yang masih sangat besar. Salah satu kekutuhan orang saat ini sudah berkembang menjadi kegiatan dalam bentuk perjalanan atau travelling ke berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri. 

Namun demikian, saya menghadapi masalah yang berhubungan dengan karyawan yang mulai bertambah. Saya tidak bisa menjalankan kegiatan ini sendiri lagi karena jelas permintaan perjalanan sudah semakin banyak, khususnya kegiatan perjalanan yang diminta oleh setiap existing client saya. Padahal, saya sudah memberikan pelatihan kepada karyawan yang berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude. 

Mohon saran dari kang Meriza untuk menghadapi hal ini karena saya butuh kerjasama dari seluruh karyawan agar bisa memberikan kontribusi yang optimal terhadap pencapaian tujuan perusahaan. atas saran dari akang, saya ucapkan terima kasih.

Wassalam 

Hadian, Bandung 


Waalaikum salam 

Luar biasa kejelian Hadian melihat peluang yang ada di industri tour and travel karena memang bisnis ini menjadi salah satu kunci dalam pembangunan bangsa. Jadi, pemerintah akan terus mengembangkan industri pariwisata di negeri ini dan setiap entrepreuer yang berbisnis dalam sektor pariwisata, perlu fokus dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada sehingga mampu memberikan value yang optimal bagi bisnsi mereka.

Inilah yang selalu saya sampaikan di berbagai forum bahwa entrepreneur itu membutuhkan manajemen untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. Hal ini terlihat pada daur hidup produk atau product life cycle yang dilalui oleh setiap produk. Bisa jadi produk Hadian sudah memasuki fase growth. Disinilah tuntutan manajemen, khususnya keberadaan karyawan yang memang harus dimanage oleh setiap entrepreneur. 

Saya melihat bahwa hal yang paling mendasar bagi karyawan Hadian sehubungan dengan masalah yang dihadapi di kantor adalah berhubungan dengan morale setiap karyawan. hal ini berhubungan dengan tiga hal yaitu pertama, confident atau keyakinan karyawan akan masa depan mereka di perusahaan Hadian. Mereka butuh kepastian sehinggan membuat mereka mau totalitas kepada perusahaan.

Oleh karena itu, Hadian harus bisa membangun kepercayaan tersebut kepada setiap karyawan bahwa perusahaan ini akan sukses kedepannya. Ada mimpi Hadian yang harus ditanam kepada mereka. Yang kedua adalah membangun disiplin. Hal ini harus dimulai dari seorang Hadian karena disiplin tersebut tidak bisa dipaksakan akan tetapi harus diberikan contoh. Siapa yang mereka lihat? Owner nya dulu.

Barulah yang ketiga bagaimana membangun antusiasme dalam diri setiap karyawan dimana mereka bersemangat dalam bekerja. Keberadaan Hadian dikantor juga harus bisa menjadi spirit bagi setiap karyawan dalam bekerja. Inilah yang perlu diberikan kepada setiap karyawan selain pelatihan. Sukses terus ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: