Dalam menjalankan bisnis, entrepreneur seringkali menghadapi permasalahan, seperti keuangan yang kurang karena penjualan yang tidak mencapai target, lalu banyak produk cacat dan karyawan yang bermasalah. Ini adalah beberapa kondisi dan situasi yang dihadapi oleh setiap entrepeneur dalam menjalankan binsis. Kalau melihat dalam konteks bisnis, jelas apa yang dihadapi dan dirasakan oleh setiap entrepreneur itu adalah sesuatu yang wajar.


Kenapa demikian? Karena bisnis mereka berada dalam satu lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini terjadi pada lingkungan internal dan lingkungan eksternal setiap bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur. Oleh karena itu, kesadaran akan dampak perubahan lingkungan ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur agar bisa memiliki persepsi yang positif dan bukannya malah lari dan menghindari kondisi ini.


Self Motivation


Ingat, bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepeneur adalah bisnis yang relevan dengan diri  mereka. Tidak tergantung kepada orang lain. Sekali menyatakan akan membangun bisnis, artinya, sudah men-declare kepada stakeholder bahwa dia memilh menjadi entrepreneur dengan segala karekter yang melekat pada diri mereka yaitu visioner, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, disiplin dan mau menanggung resiko yang sudah terukur.


Salah satu keterampilan yang mendasar  dan harus terus dikembangkan oleh setiap entrepeneur adalah self motivation. Saya selalu menyatakan bahwa soft skill yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh entrepreneur adalah kemampuan untuk memotivasi diri dan juga orang lain, seperti karyawan yang ada di perusahaan masing-masing. Akan tetapi, jelas, yang pertama adalah mereka harus mampu memotivasi diri.


Banyak entrepreneur bisa memotivasi orang lain, akan tetapi, ketika mereka yang jatuh, malah tidak bisa memotivasi diri sehingga dampaknya sangat jelek terhadap diri dan juga karyawan yang mengikut mereka. bagaimana bisa memotivasi orang lain, sementara diri sendiri tidak bisa dimotivasi ketika menghadapi masalah. Malah lari dari masalah. Ini adalah contoh kegagalan seorang entrepeneur dalam memotivasi diri.


Intinya, entrepreneur harus bisa melakukan self motivation atau memotivasi diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara dan pengalaman yang saya dapatkan adalah perjelas kembali visi bisnis yang dijalankan ini. Ingat, harus ada irisan antara visi pribadi dengan visi bisnis setiap entrepreneur karena konteksnya mereka adalah owner atau pemilik bisnis tersebut. Beda dengan status sebagai karyawan yang notabene lebih rendah dari entrepreneur itu sendiri visinya.


Yang kedua, bayangkan dampak positif bila visi tersebut dapat dicapai dan juga sebaliknya, bayangkan apa yang akan terjadi bila visi itu tidak tercapai. Hal ini akan membuat kesadaran setiap entrepreneur akan bisnis yang mereka jalankan. Bayangkan bila sukses dimana entrepeneur bisa memiliki time freedom dan financial freedom yang bisa membuat mereka jauh lebih baik dimasa mendatang. Kebahagiaan dunia dan akhirat juga terbuka.


Lain halnya kalau gagal dimana mereka akan malu dimata banyak orang dan membuat nama baiknya mereka hancur. Kepercayaan orang akan hilang. Tentu entrepeneur tidak mau mengalami hal ini sehingga entrepreneur harus termotivasi lagi untuk bekerja.


Ketiga, entrepreneur harus yaking bahwa kegagalan ini adalah bagian dari proses yang harus dilewati setiap entrepeneur. Tidak mungkin entrepeneur akan sukses langsung tanpa melewati rintangan yang memang sudah pasti ketika memilih menjadi entrepeneur. Yang keempat adalah terus belajar dari orang-orang sukses. Banyak motivasi dari mereka yang nantinya akan menimbulkan motivasi juga dalam diri sendiri.


Kelimat, terus lah berdoa dan ikhlas. Kedua hal ini menjadi penting bagi pembentukan self motivation setiap entrepeneur karena semuanya harus diserahkan kepada Allah SWT. Seringkali entrepreneur sukses menyatakan bahwa I’ve done the best and the rest is Allah’s power. So... ini menjadi motivasi diri yang luar biasa bagi setiap entrepreneur karena bisnis itu tidak gampang dan membutuhkan kerja keras dan motivasi memegang peranan penting.... salam juara....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: