Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas kesempatan untuk mengikuti program Belbiz ini dan sangat bermanfaat bagi saya. Bisnis dimulai dari pinjaman, apakah bisa berkembang dengan baik. Bisnssi isi ulang, dulu pinjamg dari BPR.

Waalaikum salam wr. Wb.
Rohman , katapang

Wasalamualakum wr. Wb.
Memulai bisnis itu memang banyak dinamikanya dan salah satu berhubungan dengan keuangan yang pastinya sangat menentukan bagaimana perjalanan usaha nantinya.

Sebelum membahas tentang keuangan perusahaan, apalagi sumber modal usaha, hal yang paling penting untuk dipahami adalah bagaimana setiap entrepreneur menganalisis usaha tersebut dan bagaimana perkembangan kedepan. Dalam konteks ini, siklus hidup usaha setiap entrepreneur menjadi penting untuk dipahami dan mereka akan mengalami siklus hidup mulai dari introduction dimana usaha itu masih awal dan penjualan juga masih sangat rendah.

Kalau hal ini terjadi, tentu harus disadari bahwa ketika seorang entrepreneur sudah mulai berhutang, maka mereka akan terjebak untuk membayar bunga dan cicilan bank yang pastinya tidak akan murah. Suka tidak suka, agro tagihan sudah mulai jalan dan tuntutan bagi setiap entrepreneur untuk membayarnya.

Oleh karena itu, saya menyarankan untuk tidak berhutang dulu kepada lembaga perbankan. Solusinya? Lebih baik gunakan dana yang ada dan bahkan kalau ada asset yang bisa dijual dulu, lakukan saja. Kalaupun masih terbatas, waktunya untuk meminjam kepada orang tua, saudara atau teman dan angle investor. Dalam hal ini, beban bunga bukanlah menjadi sesuatu yang harus menjadi kewajiban setiap bulan.

Bila sudah terlanjur, waktunya bapak untuk mempercepat atau meningkatkan penjualan agar bisa membantu percepatan dalam pembayaran hutang ke BPR. Selanjutnya, bisa mendapatkan dana CSR sebagai salah satu piihannya.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: