Assalamualaikum wr. wb. 

Terima kasih atas kesempatannya mengirimkan sms untuk bertanya tentang bisnis dan kondisi bisnis yang sedang saya hadapi. Begini Bapak, saya bingung, bagaimana caranya memulai usaha tanpa dari hutang, sementara saya tidak punya modal. Mohon saran dari Bapak agar saya bisa menyelesaikan masalah ini.  Saya ingin sekali memulai bisnis.

Waalaikum salam wr. Wb.
Sulaeman,  Cijerah,


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak Sulaeman sampaikan kepada kami dan kami coba untuk memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah kami lakukan ketika memulai bisnis dengan modal yang boleh dibilang tidak ada apalagi waktu itu sempat mengalami minus karena dililit hutang dan mengalami kebangkrutan yang luar biasa.

Hal mendasar yang saya lakukan waktu itu adalah mengenali potensi diri saya terlebih dahulu karena saya berkeyakinan bahwa asset yang paling berharga ketika saya akan memulai bisnis adalah diri saya sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa saya itu memiliki asset yang luar biasa, khususnya konsep, pemikiran, ide, jejaring dan bahkan pengalaman yang sejatinya bisa saya ubah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis karena sejatinya seorang entrepreneur adalah seseorang yang mampu merubah peluang menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yaitu bisnis yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, orang lain dan bahkan lingkungan alam dalam jangka panjang.

Kembali ke pertanyaan bapak bahwa bapak ingin memulai bisnis, tetapi terhambat modal. Ide, pengetahuan dan pengalaman bapak adalah modal juga. Saya dulu membuat tulisan untuk dosen saya dan bahkan materi presentasi serta riset bagi dosen saya. Dengan cara ini, saya mendapatkan uang untuk membeli laptop dan bahkan fasilitas untuk bisnis yaitu konsultasi. Saya juga teringat pengetahuan dan pengalaman saya selama tiga tahun bekerja di perusahaan asuransi dan juga saya penerima beasiswa sampoerna foundation menjadi basis saya dalam membangun bisnis konsultan dan trainining.

Ini semua saya anggap sebagai modal yang luar biasa dari Tuhan dan saya kelola dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam bentuk uang. Jadi, pak sulaeman, gali dulu potensi diri Bapak dan itu akan menjadi modal utama untuk berbisnis.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: