Setelah pada tulisan sebelumnya saya menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan negosiasi dan mengapa sebagai seorang entrepreneur perlu memiliki dan meningkatkan kemampuan bernegosiasi dalam menjalankan bisnisnya, maka di tulisan kali ini saya sedikit akan sharing mengenai bagaimana cara seorang entrepreneur melakukan dan meningkatkan kemampuan negosiasi (negotiation skills).


Sama halnya dengan proses lain secara umum bahwa untuk melakukan negosiasi bisnis maka persiapan yang dilakukan oleh seorang entrepreneur menjadi bagian pertama dari proses negosiasi yang sangat penting. Untuk bernegosiasi dengan baik diperlukan rencana, sasaran akhir dan strategi untuk mencapainya. Dengan persiapan yang baik dan seksama diharapkan strategi yang dijalankan akan berhasil. Dalam persiapan suatu proses negosiasi ini maka seorang entrepreneur perlu memahami dan menentukan batasan negosiasi yang maknanya adalah bahwa sebuah negosiasi akan terjadi bila orang lain memiliki apa yang kita inginkan dan kita bersedia menukarnya dengan apa yang diinginkan mereka. Selain itu dalam masa persiapan negosiasi, seorang entrepreneur juga perlu memahami bahwa prinsip negosiasi adalah proses yang diakhiri dengan keberhasilan kedua belah pihak. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam masa persiapan adalah mengetahui bahwa ada bermacam tipe negosiasi, dimana masing-masing memerlukan ketrampilan yang berbeda pula. Ada negosiasi yang bersifat formal ataupun informal, kemudian dari sudut siapa yang hadir apakah kita bernegosiasi dengan pihak karyawan, pemegang saham, pemasok, pelanggan atau rekan bisnis, yang tentunya memiliki kepentingan dan sudut pandang yang berbeda.


Setelah masa persiapan, maka tahap selanjutnya dari sebuah  negosiasi ya pelaksanaan negosiasinya sendiri, dimana beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang entrepreneur adalah mengantisipasi suasana negosiasi temasuk diantaranya mengawali negosiasi dengan pandangan umum saja yang tidak kontroversial, menekankan perlunya persetujuan sejak awal, dan juga selalu memperhatikan nada bicara orang lain. Tahap terakhir dari sebuah proses negosiasi adalah penutupan, dimana dalam tahap ini seorang entrepreneur perlu memastikan dan membuat kesepakatan-kesepakatan apa yang sudah didapat dalam pelaksanaan negosiasi, termasuk syarat-syarat dalam kesepakatan yang sudah dicapai.


Demikian sharing dari saya mengenai kemampuan negosiasi dalam bisnis … dan akhirnya saya sampaikan selamat bernegosiasi
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: