Assalamualaikum wr. wb.
Kalau strategi untuk jualan via online dan langsung apa harus disamakan? Sekarang UMKM harus pintar gadged juga, kadang saya masih kurang pede jalani jualan via online. Bagaimana cara mengatasinya? Kadang saya takut untuk mengembangkan usaha kerupuk saya menghadapi hutang utang modal. Sebagai UMKM saya senang dengan hari UMKM

Waalaikum salam wr. Wb.
Agung Gunanjar, 35 tahun,

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih pak Agung Gunanjar yang sudah memberikan pertanyaan kepada program Belbiz on Radio dan pastinya ini juga menjadi pertanyaan yang selalu diberikan oleh banyak entrepreneur. Selalu berhubungan dengan bagaimana memanfaatkan teknologi dalam berbisnis.

Saat ini, memang untuk menjadi bisnis yang unggul daripara pesaing, entrepreneur dituntut untuk bisa fokus dalam mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi yang salah satunya adalah gadget yang banyak digunakan oleh para entrepreneur muda. Saya juga dulu rada asing dengan gadget akan tetapi, ketika menjadi sebuah kebutuhan, menjadi hal yang wajib saya kuasai dan harus dimanfaatkan untuk bisnis agar tidak ditinggalkan oleh para pesaing. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah kunci sukses dalam bisnis.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban Pak Agung untuk mempelajari gadget dan memanfaatkan gadget untuk kepentingan bisnis saat ini. belajarlah dari anak yang pastinya mereka sudah terbiasa dengan gadget. Atau jangan malu bertanya kepada karyawan yang sudah mengetahui cara memanfaatkan gadget. Banyak cara untuk belajar memanfaatkan gadget untuk berbisnis.

Adapun untuk kebutuhan modal, jelas bapak yang harus dilakukan kembali adalah melihat bagaimana pengelolaan dana perusahaan bapak selama ini. apakah dikelola dengan baik atau tidak? Apakah sudah dipisahkan antara uang dapur dengan uang usaha atau tidak? Apakah sudah dicatat setiap transaksi bisnis atau tidak? Hal ini harus dianalisis terlebih dahulu sehingga ketika menjalankan bisnis akan dapat dikelola keuangan dengan baik.

Gunakan modal berdasarkan asset yang ada dan jangan langsung kepada hutang karena berhubungan dengan apa yang dicapai dalam bisnis. kalau ada asset  yang tidak kepakai, jual saja dulu dan nanti bisa dibeli lagi.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: