Mungkin bagi sebagian orang, pelatihan kurang dipahami untuk pengembangan leadership seseorang khususnya para entrepeneur. padahal, jelas pelatihan itu penting untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude (KSA) Kenapa demikian? Leadership itu merupakan sebuah skill yang harus ditingkatkan oleh setiap entrepeneur dalam memimpin bisnis mereka. Benar sekali. 

Leadership sebagai sebuah skill harus dipahami karena penting agar bisa menciptakan pengaruh yang efektif dan efisien bagi karyawan dalam bekerja mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan oleh entrepeneur itu sendiri. Akan tetapi, leadership juga berhubungan dengan pengetahuan dan juga attitude mereka dalam memimpin.

Hal ini sangat terasa ketika banyak entrepeneur  yang gagal dalam bisnis mereka bukan karena pengelolaan bisnis yang salah, akan tetapi karena leadership mereka yang tidak efektif dan efisien dalam mengelola tim dan bisnis mereka. Leadership berhubungan dengan bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk bisa menjalankan tugas secara efektif dan efisien.

Kenapa demikian? Karena leadership itu memang menjadi menjadi inti dari manajerial yang harus dijalankan oleh entrepeneur. Khususnya dalam proses actuatinig atau menjalankan rencana yang sudah dibuat diawal atau planning. Leadership akan mengarahkan setiap sumber daya dalam perusahan agar bergerak mencapai tujuan perusahaan. inilah kunci keberhasilan. Sementara, banyak entrepeneur belum memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar dalam memimpin.

Pelatihan dapat menjembatani kekurangan dalam ketiga aspek ini. Kalau secara konseptual, memang hal ini menjadi tujuan dari pelatihan leadership. Itu adalah indikator yang harus dicapai dan untuk penapaiannya, sangat tergantung kepada beberapa hal yang berhubungan dengan pelatihan ini. apa saja?

Pertama, jelas dipengaruhi oleh materi yang dsampakan dalam pelatihan ini. Seberapa bisa materi itu menerjemahkan tujuan yang akan dicapai ke dalam bentuk materi pelatihan. Tentu harus ada materi yang berhubungan dengan pengetahuan tentang leadership, keterampilan tentang leadership dan juga sikap-sikap yang benar untuk menjadi leader yang efektif dan efisien bagi entrepreneur.

Kedua adalah metode pelatihan yang diberikan selama pelatihan juga berpengaruh kepada hasil pelatihan ini. Metode harus disesuaikan dengan knowledge, skill dan attitude. Tidak cukup hanya mengandalkan ceramah, akan tetapi harus juga diberikan simulasi, studi kasus, contoh dan bahkan film yang berhubungan dengan leadership itu sendiri. Penting dalam penentuan metode pelatihan. 

Ketiga adalah instruktur yang memberikan pelatihan leadership ini karena mereka sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan. instruktur ini harus memiliki knowledge, skill, attitude serta pengalaman dalam memimpin agar terjadi transformasi pengalaman kepada peserta. Yang terakhir adalah fasilitas selama memberikan pelatihan agar bisa membantu pencapaian tujuan pelatihan. So...sukses buat kita semua.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: