“Pak Meriza, apa yang diperlukan pertama kali bagi setiap karyawan dalam memutuskan untuk menjadi seorang pensiunpreneur?” tanya seorang karyawan dalam sebuah diskusi di radio yang membahas tentang bagaimana sejatinya seorang karyawan yang ingin menjadi seorang pensiunpreneur sukses dalam bisnis. saya paling suka dengan pertanyaan ini karena berhubungan dengan apa yang saya lakukan dulu ketika memutuskan untuk menjadi seorang pensiunpreneur.

Jawaban yang paling saya ingat dan butuhkan untuk memutuskan hal ini adalah bagaiamana keyakinan seorang karyawan untuk menjadi seorang pensiunpreneur sukses. Inilah jawaban yang saya berikan kepada karyawan tersebut. Jawaban yang singkat tetapi padat dan berisikan hal-hal yang sangat relevan dengan pilihan mereka itu sendiri dengan menjadi seorang pensiunpreneur dan sukses dengan pilihannya itu.

Keyakinan yang pertama adalah berhubungan dengan bagaimana seorang karyawan yakin menjadi seorang pensiunpreneur. Itu menjadi dasar bahwa dia berani untuk memilih menjadi seorang pensiunpreneur. Yakin dengan menjadi pensiunpreneur sebagai pilihan karir kedua setelah menjadi seorang karyawan perusahaan yang sudah mengabdi kepada orang lain selama ini. jelas ini adalah sebuah tantangan yang tidak mudah dan pastinya membutuhkan pemahaman dan kekuatan serta keberanian untuk memutuskannya.

Seringkali orang terjebak dengan keyakinan untuk menjadi seorang pensiunpreneur ini karena berhubungan dengan paradigma dimana seringkali orang gagal dalam berbisnis dan membuat mereka takut untuk menjadi seorang pensiunpreneur. Lihat saja banyak yang gagal dalam berbisnis.

Keyakinan yang kedua adalah keyakinan akan pilihan bisnis yang diambil oleh setiap karyawan. pilihan bisnis yang menjadi hal yang mendasar karena berhubungan dengan potensi resiko dan kerugian yang akan dihadapi ketika mereka menghadapi masalah dalam bisnis. lihat saja orang teknik yang berbisnis agro industri dan pastinya mengandung resiko yang tidak sedikit. Tentu hal ini harus menjadi perhatian karena jangan sampai rugi dalam berbisnis.

Inilah dua keyakinan yang harus dimiliki oleh setiap karyawan dalam menjadi seorang pensiunpreneur karena berhubungan dengan bagaimana mereka memilih diantara tiga  pilihan yaitu karyawan, istirahat atau menjadi seorang pensiunpreneur serta pilihan bisnis yang sesuai dengan talent, knowledge, skill, attitude sampai dengan morale mereka dalam berbisnis karena inilah yang menjadi dasar untuk memulai sempai dengan menumbuhkembangkan bisnis.
So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

PPST: Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: