Hal yang sangat penting dalam berbisnis saat ini adalah ketika saya bisa terus membangun komunikasi dengan stakeholders, khususnya dengan konsumen yang sangat membutuhkan kenyamanan dalam berbisnis dengan perusahaan yang menghasilkan produk bagi mereka. Kenyamanan adalah konsep dasar yang memang menjadi syarat untuk membuat konsumen tetap loyal kepada perusahaan.

Saya memang dituntut untuk bisa membuat konsumen nyaman dulu karena sebagai seorang karyawan yang bekerja di perusahaan asuransi, jelas yang diharapkan dari setiap konsumen ini adalah bagaimana mereka loyal kepada perusahaan ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini dimana pesain itu berusaha untuk terus mendapatkan konsumen. jadi yang mereka lakukan adalah customer acquisition dari perusahaan.

Rasanya, hal ini sangat bermanfaat ketika saya sebagai seorang pensiunpreneur dalam menjalankan binis dalam rangka pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal yang mendasar adalah bagaimana melakukan komunikasi secara terus menerus dengan konsumen karnea merekalah yang menjadi sumbe keuangan dari setiap pensiunpreneur dalam membnagun bisnis.

Konsumen sejatinya adalah bagian terpenting dari setiap bisnis yang dijalankan oleh setiap pensiunpreneur karena berhubungan dengan bagaimana bisnis itu dijalankan dengan baik dan membuat setiap bisnis bisa bertahan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Komunikasi ini akan bisa membantu pensiunpreneur membangun bisnis dengan basis konsumen yang puas dan loyal sehingga mereka dapat melakukan pembelian ulang, membeli produk yang lain, merekomentasikan kepada orang lain, sampai dengan menolak pesaing.

Lakukan komunikasi dengan baik dan terus menerus dengan setiap konsumen dan manfaatkan pengetahuan, pengalaman serta sikap yang sudah didapatkan selama bekerja di perusahaan lain. Saya sendiri melakukan komunikasi melalui alat komunikasi sampai dengan berkunjung kepada setiap konsumen yang menjadi point utama dalam bisnis ini.

Oleh karena itu, sudah waktunya karyawan untuk mendalami bagaimana mereka membangun komunikasi dengan konsumen dulu dan dimanfaatkan dalam setiap bisnis yang dijalankan ketika mereka menjadi seorang pensiunpreneur dalam bentuk bisnis apapun nantinya. Jangan lupakan pengethauan dan pengalaman yang didapatkan selama berstatus sebagai seorang karyawan di perusahaan tempat mereka bekerja. Waktnya fokus ke aspek ini. 

So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

PPST: Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: