Dalam segala aspek bidang pekerjaan, sering kita mendengar istilah ‘be profesional’. Apakah profesional itu dan bagaimanakah seorang dikatakan profesional ? Bagaimana dengan seorang entrepreneur ?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, profesional adalah sesuatu yang bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya. Seseorang dikatakan profesional jika orang tersebut menggunakan kepandaian dan kemampuannya untuk menjalankan aktifitas atau pekerjaannya. Salah satu pandangan dan makna profesional adalah seorang yang mampu menguasai ilmu pengetahuannya secara mendalam, melakukan kreativitas dan inovasi pada bidang yang digelutinya, serta harus selalu berpikir positif dengan menjunjung tinggi etika dan integritas. 


Jadi seorang entrepreneur yang profesional akan memiliki tiga hal pokok di dalam dirinya, yaitu skill yang artinya entrepreneur tersebut harus benar-benar ahli di bidangnya. Kemudian memiliki knowledge, yang artinya seorang entrepreneur harus dapat menguasai ilmu bidang yang digelutinya atau minimal berwawasan mengenai ilmu lain yang berkaitan dengan bidangnya. Dan terakhir seorang entrepreneur hendaknya memiliki attitude, artinya bukan hanya pintar, akan tapi harus memiliki etika yang diterapkan didalam bidangnya.


Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan beberapa perilaku dan sikap dari seorang entrepreneur yang profesional yaitu memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi dengan selalu menunjukkan keinginan belajar dan mengasah ketrampilan yang dimilikinya. Kemudian seorang entrepreneur yang profesional memiliki kode etik yang akan selalu menjaganya untuk selalu beraktifitas dengan jujur.


Selain itu seorang entrepreneur juga selalu menjaga integritas atau konsistensi dalam hal tanggung jawab dan etika. Selain mengembangkan diri dan bisnisnya, seorang entrepreneur yang profesional juga memiliki jiwa pengabdian pada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah seorang entrepreneur yang profesional memiliki  kemampuan dalam perencanaan. Perencanaan menjadi suatu hal yang penting sekali dalam manajemen bisnis karena perencanaan ini akan menjadi panduan penting untuk memulai suatu bisnis, membangun serta mengelola bisnis yang sukses.


Mari kita jaga dan kembangkan budaya profesional dalam dunia entrepreneur. Kalau tidak sekarang, kapan lagi ?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: