Personal Value, itu adalah konsep yang saya sangat pegang saat ini. Apalagi bagi setiap entrepeneur yang memang menjadikan personal value tersebut. personal value akan menentukan kualitas entrepeneurship seseorang dalam menjalankan bisnis mereka. 
Personal value ini adalah nilai-nilai pribadi yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalani hidup ini. Nilai-nilai pribadi tersebut sudah melekat dalam diri mereka dan sudah tumbuh lama. Tidak dibuat-buat sehingga jelas sekali terlihat dari kehidupan entrepeneur sehari-hari.

Seringkali orang yang melakukan kegiatan yang tidak “origin” atau tidak asli seperti apa adanya. Mereka menampilkan sesuatu yang tidak asli dari diri mereka. khususnya nilai-nilai pribadi mereka selama ini. Inilah yang salah kaprah dalam berbisnis selama ini. 

Apa saja value pribadi atau personal value yang dimililiki oleh entrepenuer? Salah satunya adalah integritas atau kejujuran (lebih dari kejujuran) yang dimiliki oleh setiap entrepeneur. Integritas inilah yang sangat penting dalam kehidupan khususnya dalam bisnis. Banyak yang sukses dengan integritas. Inilah personal value yang saya rasakan pertama kali bagi orang yang sukses dalam bisnis. 

Bagi entrepeneur, integritas ini adalah aset utama yang menentukan keberhasilan menjalankan usaha. Integritas ini yang dipegang oleh stakeholder sehingga membuat orang terus bekerjasama dengan kita untuk saat ini dan yang akan datang.

Personal value selanjutnya adalah komitmen dalam berbisnis. Gampang sekali mengucapkan komitmen akan tetapi, akan sangat susah dalam mengimplementasikan dalam keseharian, apalagi dalam bisnis. Komitmen berhubungan bagaimana bagaimana melakukan sesuatu itu sesuai dengan apa yang sudah dibuat atau disepakati. 

Komitmen berawal dari diri sendiri, akan tetapi tetap akan berhubungan dengan banyak orang. Komitmen terhadap janji adalah salah satu contohnya. Janji itu akan selalu dipegang oleh banyak orang. Nilai seseorang itu akan sangat berpengaruh kepada kepercayaan orang. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam komitmen ini adalah janji kepada stakeholder atau orang lain. Semakin banyak kita memberikanjanji kepada orang lain, maka akan semakin banyak komitmen yang harus dipenuhi. Ini akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas komitmen yang ada dalam diri kita.

Penting untuk membuat peningkatan komitmen diri ini sebagai bagian dari personal value yang dimiliki oleh setiap entrepeneur. Penting untuk memahami hal ini. Sekarang, akan banyak orang akan menyukai kita dan akan meningkatkan value juga bagi setiap bisnis para entrepeneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: