Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas program Belbiz yang selalu memberikan inspirasi kepada saya selain pengetahuan tentang bisnis dan manajemen. Saya ada satu pertanyaan yaitu bagaimana kira-kira kedepan karena mulai usaha melanjutkan orang tua… sementara saya sudah memiliki rencana untuk bisnis lain

Wassalam
Yuniarti, ciparay

Waalaikumsalam wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan dan semoga program ini akan terus bisa memberikan inspirasi, informasi dan peluang bisnis bagi teman-teman wirausaha dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Bicara tentang bisnis orang tua, satu hal yang paling penting adalah bagaimana entrepreneur bisa memahami bahwa bisnis yang dibangun oleh orang tua itu bertujuan untuk bisa memberikan manfaat kepada anak-anak mereka. Tidak ada orang tua yang membangun bisnis dan akan diberikan kepada orang lain, dalam hati mereka, bagaimana bisnis tersebut dilanjutkan oleh anak dan cucunya karena itulah peninggalan yang mereka berikan kepada anak dan cucu.

Kerangka berfikir lainnya adalah bagaimana anak yang notabene adalah generasi kedua dalam bisnisnya mampu mengembangkan bisnis tersebut dan harus bisa jauh lebih baik daripada orang tuanya. Mindset ini harus dimiliki oleh setiap entrepreneur. Oleh karena itu, jelas sekali harus bersyukur ketika memiliki kedua orang tua yang berbisnis. Ada darah pengusaha yang mengalir di dalam diri mereka dan ini menjadi modal yang luar biasa.

Oleh karena itu, kalimat yang selalu saya sampaikan kepada teman-teman wirausaha yang orang tuanya sudah berbisnsi adalah berdamailah dengan diri sendiri. Artinya, mari kembangkan bisnis orang tua terlebih dahulu karena berhubungan dengan potensi diri dan bisnsi yang sudah ada. Memang jawaban yang seringkali diberikan adalah bisnis orang tua tidak relevan dengan diri, akan tetapi, mulai mencintai bisnis tersebut.

Ketika ada rasa cinta dan suka pada bisnis orang tua, akan membukakan jalan untuk setiap entrepreneur agar bisa menyenangi bisnis tersebut. Hal ini akan menjadi modal utama untuk sukses mengembangkan bisnis orang tua. Inilah yang harus dilakukan oleh entrepreneur. setelah bisnis orang tua sukses? Waktunya kembali mengembangkan bisnis yang sesuai dengan talent, knowledge, skill, attitude serta morale setiap entrepreneur.




Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: