Selamat malam Bapak-Bapak, Perkenalkan nama saya Nurdianto dan saya butuh pencerahan terhadap sebuah peribahasa. Orang tidak akan berhasil kalau tidak dicoba dan kalau dihubungkan dengan kalimat ini engke kumaha, atau kumaha engke







Terima kasih atas masukan yang diberikan.




Nurdianto, Kota Baru




Selamat Bapak Nurdinanto



Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami dan semoga diskusi ini akan memberikan manfaat bagi Bapak dan teman-teman entrepreneur







Pastinya, setiap entrepreneur itu mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis, akan tetapi, ini adalah sebuah proses yang pasti dihadapi oleh entrepreneur karena bisnis itu berada dalam sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Ini adalah sesuatu yang pasti dihadapi oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.







Dalam hal ini, tentu akan menimbulkan kerugian bagi entrepreneur berupa kegagalan dalam menjalankan bisnis. hanya saja, entrepreneur harus bisa meminimalisir setiap potensi kerugian dengan knowledge, skill, attitude serta morale yang harus dikembangkan oleh entrepreneur. inilah semangat “engke kumaha” yang dalam bahasa Indonesia berarti kita harus bisa memperhitungkan segala sesuatunya kedepan sehingga resiko yang akan dihadapi sudah bisa diperhitungkan selain hasil yang dicapai dalam konteks Profit yaitu TP = TR – TC melalui peningkatan total profit melalui peningkatan total revenue dan penurunan total cost dalam setiap aktivitas bisnis.







Oleh karena itu, saya menyarankan kepada Bapak untuk selalu fokus pada konsep engke kumaha karena bisnis itu selalu ada hitung-hitungan. Setelah itu, barulah kumaha engke dalam artian, keberanian kita untuk menjalankan bisnis dan sudah dioptimasi dengan hitung-hitungan dan kita berserah diri kepada Allah SWT untuk hasilnya.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: