Ada yang menarik bagi setiap karyawati yang akan menjadi seorang pensiunpreneur karena bisnis tersebut nantinya tidak akan bisa dilepaskan dari peran mereka sebagai seorang istri dan juga sebagai seorang ibu dari anak-anaknya yang pastinya membutuhkan kasih sayang dan kebersamaan. Memang tidak mudah bagi setiap istri untuk menjadi seorang pensiunpreneur dalam konteks membuat bisnis yang bisa tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Rasanya… paling beruntung seorang Siti Gumilang, owner Bebek Gorowok yang sudah membangun bisnis ini di Kota Lembang, Jawa Barat sejak tahun 2012. Keberuntungan yang dimaksud adalah bagaimana dukungan dari suami yang benar-benar total dalam membangun dan mengembangkan bisnis karena ini berhubungan dengan apa yang dilakukan dalam bisnis itu memang membutuhkan dukungan dari suami.


Dalam konteks bisnis, memang diperlukan konsep entrepreneurship, bisnis dan manajemen. Ketiga konsep ini dirasakan sekalli oleh Siti dalam membangun dan mengembangkan Bebek Gorowok. Saya sendiri selalu menekankan bahwa entrepreneur tidak akan berhasil kalau tidak paham bisnis dan bisnisnya sendiri tidak akan jangka panjang kalau tidak menggunakan manajemen dalam operasional setiap harinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.


Saya lihat, dari konteks Bu Siti. Beliau memiliki potensi bisnis yaitu memasak makanan dan membuat minuman. Rasa, bagaimana penyajian, kualitas dan kuantitas sangat dipahaminya karena pengetahuan dan pengalaman di Hotel dulu. Akan tetapi, keberanian menjadi seorang pebisnis didorong oleh suami, Pak Dadang Gumilang yang mendorongnya untuk benar-benar menjadi pensiunpreneur. Inilah bentuk dorongan awal yang diberikan oleh suami kepadanya.


Selanjutnya, dorongan yang diberikan adalah konteks lingkungan bisnis yang melekat pada bisnis Bebek Gorowok. Jelas sekali, pengetahuan dan pengalaman bu Siti tentu sudah lama dan ini disadari sekali oleh Pak Dadang. Konteksnya adalah saat ini Pak Dadang masih bekerja di perhotelan dan paham sekali kondisi bisnis. ini menjadi modal untuk sukses bisnis karena selalu berubah dan pak Dadang menguasai lingkungan bisnis kuliner.


Yang tidak kalah penting adalah Pak dadang membantu Bu Siti mengelola keuangan, pemasaran dan sumberdaya manusia. Artinya, manajemen didukung oleh Pak Dadang. Hmmmm.. inilah keberuntungan yang luar biasa didapatkan oleh Bu Siti untuk menjadi pensiunpreneur sukses. 


So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: