Salah satu inspirasi yang sangat penting dari seorang Toto Tohidin, yang menjadi narasumber dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut, yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com beberapa waktu yang lalu. Inspirasi yang pastinya berhubungan dengan bagaimana setiap karyawan memutuskan untuk menjadi seorang pensiunpreneur setelah bekerja di perusahaan orang lain beberapa waktu lamanya. 

Apa yang menjadi inspirasinya? Berani membuat keputusan bagi diri sendiri untuk melakukan pensiun dini dari PT INTI (PErsero) dan benar-benar menjadi seorang pensiunpreneur yang memulai bisnis bersama keluarga di bidang konveksi dan pada akhirnya memilih bisnis cafĂ©. “Saya mengambil keputusan untuk pensiun dini dari PT INTI (Persero) pada tahun 2004” kata Toto. 

Tentu hal ini akan tidak mudah dilakukan oleh para karyawan yang pastinya menikmati comfort zone di perusahaan dengan gaji yang tetap dibayarkan oleh perusahaan tiap awal bulan selain pastinya tunjangan kesehatan, tunjangan makan dan transportasi, tunjangan jabatan dan lain-lain. Pastinya tidak akan mudah berpindah dari satu kondisi yang sudah sangat nyaman ke kondisi yang bersifat uncertainty atau penuh ketidakpastian. 

“Saya melihat kondisi perusahaan saat itu dan bagaimana kedepannya” tambah Toto. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Toto untuk membuat keputusan dan memberanikan diri untuk mengambil program Pensiun dini. “Tentu juga saya hubungkan dengan kebutuhan rutin saya” tambahnya. 

Dalam konteks seorang karyawan menjadi seorang pensiunpreneur, memang keberanian untuk membuat keputusan akan menjadi sebuah fondasi yang kokoh untuk sukses dalam berbisnis. Jelas sekali yang saya temui dalam diri setiap pensiunpreneur adalah bagaimana mereka harus membuat keputusan setiap saat dan ini akan menentukan bagaimana jalannya usaha yang dijalankan. Dalam konteks Toto Tohidin, jelas sekali bagaimana keputusan yang tidak mudah dan tidak gampang harus dibuat untuk menentukan masa depan. 

Dalam Integrated Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model) hal ini berhubungan dengan skill setiap karyawan untuk membuat keputusan yang pastinya sangat erat juga hubungannya dengan keberanian membuat keputusan. Decision making skill adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh karyawan dan rasanya, selam menjadi seorang karyawan, pasti sudah mendapatkan pelatihan yang berhubungan dengan keterampilan ini. oleh karena itu, inspirasi dari Toto Tohidin untuk berani membuat keputusan adalah  penting bagi setiap karyawan untuk menjadi seorang pensiunpreneur. 

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: