Salah satu inspirasi yang didapat dari seorang pensiunan adalah ketika mereka berani memilih bisnis yang unrelated atau bisnis yang tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka ketika berstatus sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan. tentu hal ini menjadi sangat menarik karena berhubungan dengan pilihan bisnis yang harus diambil oleh setiap pensiunan yang akan menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Selain itu, tidak lepas juga dari tujuan bisnis bagi para pensiunan yaitu mereka ingin sehat, tidak berhubungan dengan konflik, tidak kena hal-hal yang berhubungan pihak berwajib dan lain-lain. Ini adalah keinginan dan harapan dari setiap pensiunan  yang berbisnis. 

“Saya berbisnis dengan bidang yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaan saya di PT INTI (Persero)” kata Asep. Pilihan bisnis berupa cafĂ©  yang dibangun bersama keluarga adalah pilihan bisnis yang dilakukan untuk bisa dijalankan secara bersama-sama. Asep menyadari sekali bagaiamana pilihan bisnis tersebut tidak sesuai dengan pekerjaan yang lebih fokus kepada teknologi informasi yang menjadi core business dari PT INTI (Persero). 

“Saya merasakan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis ini dan saya lebih fokus pada aspek manajemen” tambah Asep. Setiap anggota keluarga memiliki kelebihan dalam aspek-aspek bisnis yang dijalankan oleh Asep. Khususnya untuk aspek produksi, anak dan istri memegang peranan yang sangat penting sehingga Asep tidak perlu turun tangan kepada aspek tersebut. 

Dalam Integrated Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model), inilah hasil yang diperlihatkan oleh para karyawan yang hendak menjadi pensiunpreneur yaitu mencari talent dari aspek potensi diri yang salah satunya adalah keluarga yaitu orang-orang terdekat daripada setiap karyawan. keluarga yang terdiri dari istri, anak adalah orang-orang yang memiliki potensi untuk menjalankan bisnis bagi setiap karyawan. jangan lihat jauh-jauh karena bisa jadi anggota keluarga memiliki potensi yang luar biasa untuk berbisnis. 

Disinilah seorang karyawan harus jeli melihat peluang dan potensi yang ada dalam diri anak dan istri sehingga meskipun konteksnya memilih bisnis yang un related dengan pekerjaan, akan tetapi, tetap bisa sukses dan mengalami percepatan dalam bisnis.  

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: