Menjadi seorangn pensiunpreneur memang memiliki caranya masing-masing dan bahkan memiliki proses yang berbeda satu sama lain. Ada yang berbisnis setelah benar-benar keluar dari perusahaan tempat bekerja. Ada juga yang dulu memiliki keluarga sebagai seorang pebisnis, lalu bekerja dan resign kemudian melanjutkan bisnis orang tua. Yang tidak kalah unik lagi adalah ketika masih bekerja, mereka sudah mulai menjalankan bisnis, meskipun masih berskala mikro dan kecil dan pas keluar dari perusahaan, barulah fokus pada pengembangan bisnis. Ketiganya sama-sama menghasilkan pensiunpreneur yang sukses.


Adapun inspirasi yang diberikan oleh Deden Hamdan, owner Madu Keluarga yang menjadi narasumber dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut yang sudah tayang di Bandung TV dan STRABIZ TV adalah waktu masih bekerja sebagai seorang bankir, sudah mulai bisnis madu keluarga. “Saya mulai bisnis ini ketika masih bekerja, akan tetapi, bukan berarti saya korupsi waktu” kata Deden. Permulaan bisnis madu ini ketika ada diskusi di dunia maya yang dilakukan Deden dengan pengusaha madu yang kemudian menjadi partner.


Memang menjadi seorang pebisnis ketika menjadi seorang karyawan itu tidak mudah, akan tetapi, Deden memilih bisnis yang sesuai dengan karakter diri dan kesempatan serta waktu yang dia miliki. “Saya fokus dalam memberikan tambahan modal dan fokus ke manajemen pemasaran” tambah Deden. Inilah awal dia memulai menjadi seorang pebisnis yang walaupun waktu itu belum berstatus sebagai seorang pensiunpreneur, akan tetapi, sudah menjadi awal untuk menjadi seorang pensiunpreneur.


Bagi para karyawan  yang berniat untuk menjadi seorang pensiunpreneur, inspirasi dari Deden memberikan hal yang sangat penting bahwa sejatinya seorang karyawan sudah bisa memulai bisnis yang sesuai dengan potensi diri dan juga passion serta kesempatan waktu yang dimilikinya. terlihat juga bahwa Deden fokus pada bisnis yang sesuai dengan waktu, pengetahuan dan keterampilan managerial yang dimilikinya. artinya, seorang karyawan tidak perlu membuat bisnis baru, akan tetapi, bisa memulai dari konsep kolaborasi dari bisnis yang sudah ada atau dijalankan oleh para pengusaha.


Kekuatan para karyawan adalah ada di modal dan juga konsep manajemen yang harus digunakan untuk menumbuhkembangkan bisnis yang ada. Inilah point utamanya inspirasi dari seorang Deden.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: