Bisnis itu akan maju kalau membuat sebuah ekosistem dengan melibatkan berbagai stakeholders yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Rasanya, hal ini sangat dipahami dengan baik oleh Milah Karmillah, owner Rumah Kue Millah yang menjadi tamu dalam program Pensiunpreneur siapa Takut, yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com. Pemahaman ini sudah diimplementasikan oleh Millah dengan membangun komunitas bisnis yang beranggotakan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama terhadap perkembangan bisnis yang berhubungan denagn kue.

“saya sudah membangun komunitas di media sosial yaitu facebook dan anggotanya dari seluruh Indonesia” kata Millah. Komunitas yang dibangun Millah sudah berjumlah ribuan dan mereka memiliki kepentingan yang sama untuk menjadi pebisnis kuliner, khususnya kue yang pastinya sedang berkembang saat ini. inilah yang menjadi poin penting bagi seorang Millah dalam membangun bisnis yang berhubungan dengan kue.

Yang tidak kalah penting, dengan komunitas ini yang merupakan bentuk dari ekosistem bisnis, Millah bisa membangun lembaga pelatihan untuk pembuata kue. “Saya memiliki lembaga pelatihan untuk peningkatan kompetensi masyarakat di bidang kuliner, khususnya kue” kata Millah. Lembaga ini memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk belajar dengan basis praktek yang dapat diljalankan dengan mudah karena ini merupakan prinsip yang ada di setiap lembaga pelatihan.

Selain itu, Millah juga bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan berbagai peralatan yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menjalankan bisnis kuliner. “saya juga membantu penyediaan peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis kue” tambah Millah. Ini menjadi konsep bisnis dijalankan Millah dan akan terus berkembang.

Strabiz Management Bandung (SMB) yang fokus dalam pengembangan pensiunpreneur melihat apa yang dilakukan oleh Millah adalah bagian dari konsep pengembangan bisnis berbasis kepada passion dan skill yang dimiliki Millah. Dalam ISP model, hal ini berhubungan dengan skill yang dimiliki oleh setiap pensiunpreneur dalam membangun komunitas yang diawali oleh keterampilan komunikasi dan memberikan layanan yang pastinya didapat selama bekerja. inilah yang harus terus dikembangkan oleh setiap pensiunpreneur.

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: