Menjadi pensiunpreneur itu sangat mulia dan mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk sukses dalam bisnis ketika para entrepreneur lainnya yang tidak pernah bekerja mengalami kesulitan untuk mengembangkan bisnis, khususnya yang berhubungan dengan pasar. memang tidak gampang untuk mengembangkan pasar karena berbasis kepada konsumen yang memiliki need, want dan demand.


Pelajaran yang sangat berharga ketika saya menjalankan bisnis di bidang jasa adalah bagaimana saya bisa melihat maunya konsumen secara lebih tajam dibandingkan dengan teman-teman saya yang lain. Artinya adalah bagaimana kelebihan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki dulu di perusahaan Asuransi Bintang dalam melihat need, want dan demand dari konsumen.


Dulu, selama tiga tahun saya memang bekerja di bagian pemasaran asuransi di Bandung dan Jakarta. Manajemen perusahaan menuntut saya untuk bisa memahami perilaku konsumen yang berhubungan dengan asuransi. Mereka meminta saya untuk mulai menganalisis persepsi pasar atau konsumen terhadap asuransi kerugian, baik itu kebakaran sampai dengan asuransi kendaraan serta kecelakaan.


Yang saya  lakukan adalah penelitian kecil-kecilan melalui data sekunder dan data primer yang saya dapatkan dari observasi, wawancara sampai dengan membagikan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat. Hal ini sangat bernilai bagi saya menganalisis need, want dan demand pasar asuransi. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi saya.


Sekarang, Alhamdulillah, pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan bisnis di STRABIZ Manajemen Bandung, yang bergerak di bidang Riset, konsultan, Training sampai dengan media yang relevan dengan bisnis. saya sudah terbiasan membaca perilaku konsumen dalam membeli produk yang saya tawarkan dan bahkan dengan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen, saya terus bisa mengembangkan produk sesuai dengan yang diinginkan oleh pasar.


Oleh karena itu, bagi karyawan yang sudah pernah bekerja dan berniat untuk menjadi pensiunpreneur, hal ini menjadi sangat penting dan bahkan menjadi salah satu sumber keunggulan bersaing dalam menjalankan bisnis karena sejatinya dengan pengetahuan yang baik tentang pasar, maka pensiunpreneur bisa menaklukkan pasar dengan lebih cepat dan lebih baik di tengah tingginya tingkat persaingan bisnis saat ini.


So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: