Program Pensiunpreneur Siapa Takut yang tayang di Bandung TV pada hari Sabtu, 6 November 2016 menghadirkan seorang mantan karyawan PT INTI (Persero) yang memilih bisnis kuliner berupa café di Kota Bandung. Bahasan yang diberikan oleh ownernya, yaitu Toto Tohidin seputar bisnis yang dijalankan dan dikembangkan yang bermula dari pengetahuan dan pengalamannya sebagai seorang karyawan di PT INTI (Persero).  

Untuk mempertajam bahasan inspirasi, informasi dan peluang bisnis diberikan oleh Edi Supardi, HRD Manager PT Strabiz Manajemen Bandung yang memang fokus memberikan pelatihan kepada para calon pensiunpreneur. “setiap karyawan yang akan menjadi seorang pensiun harus mempersiapkan diri dengan baik” kata Edi memulai program Pensiunpreneur ini. Persiapan yang dilakukan oleh karyawan adalah dengan mengenal potensi diri dari bawaan, pengenalan diri dari aspek talent, knowledge, skill, attitude sampai dengan morale yang harus dilakukan oleh setiap karyawan. 

Semua itu dapat dilihat dari pengetahuan dan pengalaman setiap karyawan selama menjadi seorang karyawan” tambah Edi. Hal ini dapat dilihat dari perjalanan bisnis yang dialami oleh Toto Tohidin dalam membangun bisnis.

“Saya dulu adalah karyawan PT INTI (PErsero) dari tahun 1995 sampai tahun 2004” kata Toto di café Dumay yang sudah dibangunnya sejak beberapa tahun lalu. Pilihan bisnis Toto adalah Café Dumay yang berarti Dunia Maya di Café. Toto menyajikan makanan ringat dan makanan faforit yang menjadi pilihan konsumen adalah Mie Hotplate. Akan tetapi, Toto juga menyajikan makanan berat. 

“Untuk menarik pengunjung, saya memberikan fasilitas tambahan yaitu wifi agar pengunjung bisa menikmati internet secara gratis sembari makan” kata Toto. Hal ini menjadi karakteristik utama Café Dumay yang untuk bisa berbeda dan unggul dibandingkan dengan pesaing. Semuanya diharapkan mampu memberikan daya saing yang tinggi ditengah kompetisi bisnis. 

Banyak  hal yang dibagikan oleh Toto dan menjadi inspirasi bagi karyawan yang akan menjadi seorang pensiunpreneur ataupun untuk mengembangkan bisnisnya. “Saya merasakan bahwa pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang karyawan PT INTI (PErsero) dulu memberikan bekal yang luar biasa untuk menjadi sukses dalam bisnis. 

Itulah program Pensiunpreneur Siapa Takut yang menghadirkan seorang Toto Tohidin, mantan karyawan PT INTI (Persero) yang memilih untuk mengembangkan bisnis dimasa pensiun. 

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: