Ada satu peluang yang seringkali dilupakan oleh karyawan yang akan menjadi seorang entrepreneur dan memilih bisnis yang tepat untuk dijalankan. Pak Meriza, apa peluang bisnis yang paling tepat buat saya? Seperti biasa, ini adalah pertanyaan yang selalu ditanyakan kepada saya oleh para karyawan dan pernah di peusahaan oil dan gas yang saya temui pada bulan Februari 2016. 

Saya melihat ada peluang yang sangat besar dan bisa dimanfaatkan oleh karyawan sebagai seorang entrepreneur. perusahaannya membutuhkan sparepart untuk kepentingan proses bisnis di perusahaan tempat dia bekerja. Disinilah seorang karyawan  yang keluar dari perusahaan bisa menjadi supplier bagi perusahaan. supplier beragai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Lalu, apa bedanya karyawan tersebut menjadi supplier dengan orang lain yang juga menjadi supplier bagi perusahaan? karyawan memiliki potensi yang besar dan lebih unggul dibanding orang lain. Potensi tersebut adalah bagaimana karyawan memahami secara lebih mendalam tentang kebutuhan perlengkapan dan peralatan. Dalam hal ini, karyawan memiliki pengetahuan yang lebih tentang spesifikasi dan kuantitas yang dibutuhkan perusahaan.

Penting bagi karyawan memahami hal ini. artinya, mereka sudah memiliki informasi yang jauh lebih banyak dibandingkan orang luar. Informasi ini akan sangat bermakna. Keunggulan lainya adalah karyawan memahami bagaimana penggunaan perlengkapan dan peralatan tersebut di perusahaan. pemahaman ini menjadi sangat penting juga ketika peralatan yang disupplai digunakan oleh perusahaan. 

Yang tidak kalah penting lagi adalah karyawan mengenal tim atau karyawan yang menggunakan produk tersebut. Mengenal perilaku teman-teman yang memanfaatkan peralatan menjadi penting sehingga tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh user untuk setiap perlengkapan dan peralatan tersebut. Hal ini juga menjadi keunggulan yang dimiliki oleh karyawan.

Belum lagi bagaimana sistem pembayaran yang akan dilakukan oleh perusahaan kepada supplier. Kepercayaan yang dimiliki oleh perusahaan kepada karyawan tentu dapat menjadi modal juga untuk membayar kepada mereka. Kepercayaan ini menjadi asset yang sangat berharga bagi setiap karyawan dalam berbisnis nantinya dengan menjadi pensiunpreneur. 

Oleh karena itu, bagi karyawan, peluang bisnis itu dapat dioptimasi dari peluang yang ada disekitar perusahaan yaitu berasal dari kebutuhan perusahaan terhadap perlengkapan dan peralatan sehingga karyawan dapat menjadi supplier bagi perusahaan tempat dia bekerja nanti. 

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: