Satu hal yang sangat penting bagi saya ketika memilih untuk menjadi entrepreneur setelah bekerja selama tiga tahun di perusahaan orang lain adalah bagaimana memiliki pengetahuan tentang bisnis. jelas ini sangat terasa dan jika dibandingkan dengan teman-teman yang berbisnis tetapi tidak berlatar belakang dari seorang karyawan, menjadi sebuah pembeda yang dapat mengantarkan bisnis menjadi jauh lebih baik.

Seorang karyawan yang akan memilih menjadi pebisnis harus paham bahwa mereka itu harus benar-benar bersyukur karena sempat bekerja di tempat orang lain dan mendapatkan pengetahuan tentang bisnis. pengetahuan yang sejatinya menjadi dasar untuk membuat keputusan bisnis yang sebenarnya tidak berbeda dengan keputusan bisnis yang mereka jalankan sebagai seorang entrepreneur.

Saya memiliki contoh bagaimana seorang entrepreneur yang berbisnis tetapi tidak berlatar belakang sebagai karyawan. hasilnya? Teman-teman saya banyak yang terkendala dalam menjalankan bisnis sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis  yang ada. Akibatnya, mereka tidak bisa menjalankan bisnis secara professional dalam kerangka mencapai tujuan.

Hal mendasar yang dapat dilihat dari seorang karyawan dalam menjalankan bisnis adalah pertama, kesadaran mereka tentang bisnis. bisnis itu adalah create money daalam bentuk TP = TR  - TC yaitu total profit dihasilkan dari total revenue yang dikurangi oleh total cost. Profit adalah bentuk dari money yang dihasilkan oleh entrepreneur.

kedua, mereka menjalankan serangkaian aktivitas bisnis. aktivitas bisnis itu terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang aktivitas ini dapat dilihat, dirasakan dan bahkan dilakukan oleh karyawan selama bekerja. Tinggal dicopy paste kan ke dalam bisnis yang akan dijalankan.

ketiga, mengelola sumber daya. Keempat, menghasilkan produk, kelima mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Kelima hal ini pasti sudah dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis sehingga mereka dapat menjalankan bisnis sesuai dengan konsep yang relative lebih baik dibandingkan dengan teman-teman yang berbisnis tetapi tidak pernah bekerja kepada orang lain. Oleh karena itu, bersyukurlah seorang karyawan dan berminat untuk menjadi entrepreneur. Dengan bekal pengetahuan tentang bisnis yang ada dalam diri mereka, bisa lebih baik dan lebih cepat meraih kesuksesan dalam bisnis.

Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., masih ragu jadi entrepreneur? NOW OR NEVER…..

 PPST: Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: