Pelajaran dan pengalaman yang sangat saya ingat dalam memilih menjadi seorang entrepeneur dan mengembangkan bisnsi adalah pengetahuan saya tentang lingkungan bisnis  yang saya dapatkan ketika bekerja di perusahaan Asuransi Bintang Tbk tahun 2001 – 2003 yang lalu. Pelajaran ini menjadi faktor yang menentukan percepatan dalam menjalankan bisnis yang sebenarnya menjadi sesuatu yang baru ketika menentukan keluar dari tempat kerja.

Pengetahuan tentang lingkungan bisnis yang sejatinya dimiliki oleh entrepreneur, tetapi kurang disadari oleh entrepreneur yang tidak pernah bekerja di perusahaan orang lain. Lihat saja, bagaimana entrepeneur yang tidak berkesempatan bekerja di tempat orang lain dimana setelah sekolah ataupun kuliah, langsung menjadi entrepreneur. Pemahaman tentang lingkungan bisnis menjadi relatif rendah.

Pengetahuan yang baik tentang lingkungan bisnis akan mampu memberikan analisis yang tajam tentang peluang dan ancaman dari sebuah lingkungan bisnis. pengetahuan ini pasti sudah didapatkan oleh karyawan dan menjadi modal untuk memilih dan menjalankan bisnis serta mengembangkan bisnis. ingat, bisnis itu sangat erat hubungannya dengan lingkungan bisnsis yang selalu berubah, tidak pasti dan mengalami turbulensi.

Yang saya rasakan dalam analisis lingkungan bisnis ini adalah saya paham tentang lingkungan internal dari sebuah bisnis yaitu lingkungan keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia dan yang tidak kalah penting adalah budaya perusahaan. Lingkungan ini akan berdampak kepada analisis karyawan dalam berbisnis sebagai sebuah kekuatan atau ancaman. Pengetahuan ini tidak dimiliki oleh entrepreneur yang belum bekerja.

Lingkungan eksternal dari bisnis adalah lingkungan kedua yang sudah diketahui dan dipahami oleh karyawan. mereka berhubungan dengan konsumen, supplier, pesaing dan distributor. Saya ingat sekali bagaimana melayani konsumen asuransi waktu itu. Mereka adalah raja bagi perusahaan dan ini terasa ketika menjalankan bisnis saat ini. demikian juga dengan pesaing  di perusahaan asuransi yang menawarkan produk yang sama kepada pasar yang sama.

Lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi sangat terasa juga saat ini. waktu itu, saya benar-benar merasakan dampak dari perubahan kebijakan pemerintah dalam hal premi asuransi, perubahan kondisi politik dan lain-lain. Semuanya saya dapatkan di tempat kerja dan saat ini sangat terasa dalam membuat keputusan bisnis.

Belum lagi waktu itu perusahaan tempat saya bekerja sangat tergantung kepada lingkungan global yaitu nilai tukar rupiah terhadap dolar dan juga perusahaan asing yang menjadi perusahaan re-asuransi. Saya beryukur sekali tiga tahun ditempa di perusahaan asuransi dalam konteks pengetahuan lingkungan bisnis dan menjadi modal saya dalam berbisnis saat ini.

Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., masih ragu jadi entrepreneur? NOW OR NEVER…..

PPST: Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: