“saya memutuskan untuk mengambil paket pensiun dini, “kata Toto Tohidin yang menjadi narasumber dan bintang tamu dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com. Inspirasi yang menarik adalah bagaimana seorang Toto memutuskan untuk mengambil paket Pensiun Dini dari tempat dia bekerja yaitu PT INTI (PERsero). Tentu tidak mudah bagi seorang karyawan untuk memutuskan pensiun di masa produktivitas yang masih berlaku. 

“Keputusan saya untuk mengambil paket Pensiun dini adalah keputusan yang sangat penting dalam hidup saya” tambah Toto. Tentu hal ini sudah melalui diskusi dan sharing dengan istri beliau yang pastinya memberikan perhatian dan pertimbangan untuk bisa membuat keputusan pensiun dini dengan baik. sharing dengan istri adalah bagian dari kunci sukses Toto dalam mengambil paket sebagai seorang karyawan untuk menjadi pensiun. 

Bicara tentang pensiun dini, jelas berbeda dengan pensiun yang sesuai dengan usia yang harus dijalankan oleh karyawan. biasanya, sudah memasuki usia diatas 50 tahun dan pastinya perusahaan sudah membuat program untuk para karyawan agar bisa mempersiapkan diri untuk pensiun. Ada pelatihan dan pendampingan bagi karyawan untuk memasuki masa pensiun dan memilih bisnis sebagai alternative untuk menajdi pensiunpreneur. 

Lihat saja yang terjadi di PT INTI (persero) yang memberikan pelatihan tentang pensiunpreneur kepada karyawan mereka. Orientasinya adalah kepada karyawan yang akan memasuki masa pensiun. Berbeda dengan Toto Tohidin yang pada tahun 2004 memilih untuk menjadi seorang pensiunan dari PT INTI (Persero) dan inilah konteks pensiun dini yang diambilnya. 

Dalam konteks Integraed Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model) jelas terlihat bagaimana seorang pensiunan harus bisa membuat keputusan yang memperhatikan diri dan lingkungan yang dalam konteks ini bagaimana mereka memahami talent yang ada dalam diri sendiri dan juga lingkungan bisnis yang selalu berubah. Hal ini menjadi dasar untuk membuat keputusan sebagai seorang pensiunpreneur di masa aktif alias mengambil program pensiun diri. Inilah yang dapat dilakukan oleh setiap karyawan yaitu bagaimana membuat diri bisa melakukan pensiun dini untuk sukses dalam bisnis di usia muda dan masih produktif di perusahaan. sukses terus pada Pak Toto. 

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: