Salah satu inspirasi yang sangat penting dari seorang Millah dalam menjalankan peran sebagai seorang pensiunpreneur adalah bagaimana dirinya fokus menjadi seorang pembelajar. Demikianlah yang disampaikannya dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com. Tayangan yang bagi saya sangat inspiratif karena Millah, owner Rumah Kue Millah, masih muda dan terus fokus dalam belajar untuk mengembangkan bisnis di tengah perannya sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya.

“saya terus belajar dari banyak orang dan setiap materi yang saya pelajari, akan terus saya manfaatkan untuk bisnis saya” kata Millah. Inilah yang menjadi salah satu kunci sukses Millah dalam berbisnis dimana dia benar-benar mau belajar untuk kepentingan bisnis yang dijalankannya. Tidak peduli belajar kepada siapa karena yang penting bagi dia adalah ilmunya. “Saya akan terus belajar dari siapapun untuk mendapatkan ilmu yang bisa saya manfaatkan untuk mengembangkan bisnis” tambah Millah.

Inilah point penting bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana yang paling utama adalah menempatkan diri sebagai seorang pembelajar. Yang saya maksud disini adalah bagaimana setiap entrepreneur fokus pada pembelajaran yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang relevan dengan manajemen strategik, manajemen keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia sampai dengan teknologi informasi yang relevan dengan bisnsis yang dijalankan oleh setiap pensiunpreneur.

Inilah yang menjadi konsep dasar pembelajar yang saya masukkan ke dalam model Integrated Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model) dimana learning adalah kegiatan kunci yang harus dijalankan oleh setiap pensiunpreneur dalam menghadapi berbagai masalah bisnis dan terus mengembangkan bisnis untuk mencapai tujuann. Caranya? Belajarlah dari pemahaman bisnis yang dijalankan dan dari setiap masalah yang dihadapi, disitulah belajar untuk memecahkannya dengan menggunakan ilmu dan pengetahuan.

Konsep belajar untuk memecahkan masalah ini harus benar-benar dimiliki oleh setiap pensiunpreneur untuk bisa sukses mencapai tujuan bisnis. oleh karena itu, bagi para pensiunpreneur, tidak boleh merasa sudah tahu semua dengan basis pengetahuan dan pengalaman di tempat kerja, akan tetapi, terus mengembangkannya untuk bisnis masing-masing dengan belajar. Inilah inspirasi dari seorang Millah.

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: