Dalam beberapa diskusi dengan tim yang mengurusi program Corporate social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh perusahaan minggu lalu, banyak hal yang didapat dan sebenarnya menjadi potensi yang luar biasa bagi para entrepreneur dalam menumbuh kembangkan bisnis mereka, baik dalam skala bisnis mereka. Hal ini penting untuk dipahami secara baik dan menjadi kunci untuk keberhasilan setiap entrepreneur.


Saat ini, point penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka adalah masalah knowledge, skill, attitude, pasar serta keuangan dalam diri setiap entrepreneur untuk menjalankan bisnis mereka. penting untuk dipahami bahwa bisnis tersebut tidak cukup kalau hanya mengandalkan keingingan dan semanat saja. Sudah waktunya setiap entrepreneur peduli dengan apa yang seharusnya dimiliki oleh entrepreneur dalam membuat bisnis mereka besar.


Tawaran yang diberikan oleh program CSR yang diberikan oleh perusahaan menjadi sangat strategic. Konsep ini relevan dengan bisnis para entrepreneur itu sendiri. Hal pertama yang menjadi penting adalah program CSR tersebut memiliki saling kepentingan satu sama lain. Hal ini bersifat strategic karena ada dasar yang kuat, yaitu perusahaan yang memberikan program CSR memiliki kepentingan untuk perusahaan mereka. Apa itu? Mereka berharap program CSR yang mereka berikan dapat memberikan value bagi perusahaan berupa branding yang kuat. Kenapa demikian? Diharapkan program CSR dalam berkontribusi terhadap bisnis perusahaan mereka secara keseluruhan.


Manfaat lainnya buat perusahaan adalah bagaimana program CSR dalam memberikan manfaat berupa keberlangsungan hubungan baik dengan masyarakat. Salah satu tujuan dari program CSR tersebut adalah adanya sustainability terhadap bisnis mereka. adanya program CSR dapat menghindarkan perusahaan mendapat ‘gangguan” dari lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam dimana perusahaan beroperasi.


Selain itu, adanya tuntutan perusahaan untuk go global saat ini bisa memberikan value kepada masyarakat dan lingkungan alam. Itu dapat dilihat pada ISO 26000, tentang guidance on social responsibility dan hal ini menjadi acuan bagi berbagai produk dan jasa perusahaan untuk bisa masuk ke pasar global. Tentu hal ini menjadi “boarding pass’ setiap manajemen untuk bisa memasuki pasar global yang memiliki standar tinggi.


Demikianlah beberapa standar yang harus dipenuhi oleh manajemen perusahaan yang menjalankan program CSR. Jelas terlihat bagaimana value dan benefit yang didapatkan oleh manajemen perusahaan itu sendiri. Ada sifat strategic yang diharapkan dan menjadi tujuan dari setiap perusahaan.


Bagaimana dengan entrepreneur? ada sisi strategis juga yang perlu diperhatikan dan diperjuangkan oleh entrepreneur itu sendiri. Jangan hanya melihat dari sisi yang tampak saja. Ada hal yang paling penting bagi entrepreneur adalah sisi intangible benefitnya yang akan memberikan value yang luar biasa.


Pertama adalah bagaimana entrepreneur mendapatkan pembelajaran dari program CSR yang diberikan oleh perusahaa. Learning yang didapatkan oleh entrepreneur sangat luar biasa. Learning ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur dapat mendalami manajemen dalam setiap program CSR yang didapatkan. Luar biasa pelajaran ini. adanya program pelatihan yang diselenggarakan oleh pengelola CSR akan berdampak luar biasa bila dipahami dengan baik.


Tidak semua ilmu manajemen didapatkan oleh entrepreneur. Pengelola CSR mengharapkan entrepreneur memiliki pengetahuan yang cukup untuk berbisnis. Materi tersebut diberikan oleh para ahli dan juga entrepreneur sukses dibisnisnya.


Bagaimana dengan keterampilan? Ini penting juga bagiamana entrepreneur diminta untuk berbisnis dengan bekal keterampilan karena diharapkan skill tersebut dapat menumbuhkembangkan bisnis mereka. Latihan, latihan dan latihan itu membuat entrepreneur bisa meningkatkan skill mereka dalam berbisnis.


Selanjutnya adalah tentang attitude dalam berbisnis. Attitude atau sikap tersebut lebih penting bagi entrepreneur. sikap inilah yang membuat entrepreneur bisa berhasil dalam bisnis mereka. sikap disiplin, mau belajar, open mind dan lain-lain adalah beberapa contoh yang harus dimililki oleh entrepreneur. adanya laporan berkala tentang bisnis, pembayaran cicilan yang tetap dan lain-lain dapat meningkatkan sikap entrepreneur.


Barulah setelah itu keuangan. Entrepreneur mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan ini bisa menjadi modal untuk mengembangkan usaha setiap entrepeneur. uang juga bisa digunakan untuk ekspansi bisnis yang sudah direncanakan oleh entrepreneur kedepannya. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh program CSR dalam memberikan pinjaman, bisa menjadi modal yang penting dan bermanfaat untuk entrepreneur.


Ada satu hal yang paling penting yaitu bagaimana program CSR dapat memberikan kesempatan pemasaran dan branding bagi entrepreneur yang menjadi binaan perusahaan tersebut. kesempatan ini mahal dan bila menjadi binaan perusahaan, akan didpaatkan secara gratis karena menjadi bagian dari program CSR itu sendir..... mari kita manfaatkan program CSR untuk menjadi a knowledge based young entrepreneur..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: