Assalamualaikum wr. wb.

Terima kasih atas kesempatan berdiskusi dalam program Belbiz ini. o iya Bapak, minggul lalu saya bertemu dengan salah seorang pengusaha dan dalam waktu lima bulan, beliau sudah berhasil mengembangkan bisnis. ketika saya tanya, beliau tidak mau membagikan tips yang dijalankannya dalam membangun bisnis. kira-kira, pengusaha ini termasuk pengusaha yang mana ya? Terima kasih atas tanggapan yang Bapak berikan.

Waalaikum salam wr. Wb.
Nia Kurniasih, Kiara Condong


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan yang diberikan dalam program Belbiz ini dan kami selalu berharap dapat memberikan value kepada setiap sahabat Belbiz dimana bisa menjadi media pembelajaran alternative bagi setiap entrepeneur. Tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur itu harus menjadi seorang pembelajar bagi bisnisnya.

Bicara tentang kesuksesan orang, kita tidak bisa melihatnya hanya dari sisi luar saja karena bisnis itu adalah sebuah prosses yang tidak bisa dipercepat keberhasilannya. Kalaupun bisa terlihat bisa berkembang selama lima bulan, biasanya bisnis itu seperti bubble gump dimana cepat besar dan cepat juga pecah. Ini sangat berbahaya bagi setiap entrepreneur dalam membangun bisnis ditengah tingginya tingkat persaingan dan cepatnya perubahan lingkungan bisnis yang dihadapinya. Oleh karena itu, saya sangat menyadari bahwa bisnis yang sangat cepat tumbuh akan memiliki tingkat resiko yang sangat besar juga hancur.

Disinilah seorang entrepreneur harus benar-benar jeli dalam melihat bisnis. kembali ke pertanyaan yang diajukan, saya memperkirakan bahwa sang pelaku UMKM sangat menyadari akan hal ini. beliau tidak berani berbagi ilmu ataupun berbagi tips kepada banyak orang karena dikhawatirkan akan membuat bisnis yang dijalankannya itu malah menjadi hancur, potensi ini membuat setiap entrepreneur khawatir karena berbeda dengan pebisnis yang sudah malang melintang dalam bisnis mereka dimana mereka akan mau berbagi ilmu dan tips kepada para entrepreneur muda.

Oleh karena itu, ibu tidak perlu khawatir dengan tipe pelaku umkm seperti ini dan biarlah mereka berperilaku seperti itu yang penting masih banyak tempat belajar yang lain.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: