Setiap entrepeneur memang dituntut untuk menjadi seorang pemimpin, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain yang notabene adalah karyawan ataupun stakeholders lainnya seperti konsumen, supplier, distributor. bagi saya, keberhasilan seorang entrepreneur sangat ditentukan oleh LEADERSHIP SKILL yang mereka miliki dan ini harus terus dipahami dengan seksama agar terus ditingkatkan dalam kehidupan berbisnis. 
 
Inti dari leadership itu adalah pengaruh setiap entrepeneur kepada orang lain. PENGARUH... jelas sekali konsep dasarnya. Untuk memiliki pengaruh kepada orang lain, atau bawahan, seorang leader tidak perlu harus tegas, marah-marah, menunjukkan kekuasann yang begitu besar karena hati-hati, yang dihadapi saat ini adalah banyak dari GENERASI Y, sehingga sedikit salah dalam keputusan dan tindakan, mereka akan gampang pergi ke orang lain. 


tentu ini tidak boleh terjadi. oleh karena itu, entrepeneur perlu memahami konsep leadership itu sendiri. konsep leadership sangat ditentukan oleh decision making, communication, team builind, networking dan motivasi. sehubungan dengan ADIL di atas, hal ini sangat relevan dengan kemampuan setiap entrepeneur untuk membuat keputusan yang ADIL. kuncinya dimana?

jelas, disini, seorang entrepeneur dituntut untuk bisa melihat secara proporsional kontribusi setiap anggota tim yang dipimpin. kontribusi mereka juga dilihat dari posisi mereka dan kinerja mereka dalam perusahaan. yang tidak kalah penting, komunikasikan secara jelas dan ditail tentang apa yang akan diberikan kepada setiap karyawan sehingga transparansi dalam memimpin akan terjadi. dukungan data nantinya akan bisa diperlihatkan kepada anggota tim.
so... sudah menjadi kewajiban seorang entrepeneur untuk meningkatkan leadership dengan menjaga rasa adil yang dimulai dari kualitas keputusan yang mereka buat selama memimpin... SUKSES untuk kita semua, let's be a strategic entrepreneur....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: