Menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah pilihan professional yang harus dilakukan oleh setiap orang. Tidak mudah untuk menjadi entrepreneur sukses karena itu adalah sebuah proses yang panjang dimana ada kalanya entrepreneur harus jatuh dan kemudian bangun kembali dan selanjutnya terus berupaya untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar.

Ada satu hal yang paling mengganjal bagi setiap entrepreneur yaitu bagaimana mereka menghadapi sebuah masalah yang berasal dari diri sendiri, karyawan, keuangan, pemasaran, proses bisnis, riset dan development sampai dengan teknologi informasi yang pastinya akan mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. masalah itu tidak hanya datang sekali, akan tetapi, berulang kali sehingga akan membuat bisnis para entrepreneur menjadi masalah.

Disinilah perlunya setiap entrepreneur mampu memotivasi diri sendiri atau yang biasa disebut dengan self motivation dimana mereka harus benar-benar bisa memotivasi diri. Self motivation berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa mengelola fikiran masing-masing, apalagi sedang berada di titik rendah yang dalam hal ini menghadapi masalah dalam bisnis itu sendiri. Titik terendah dimana masalah itu bertumpuk, mulai masalah pribadi sampai dengan masalah bisnis.

Tentu sebagai seorang entrepreneur dituntut untuk selalu logis dalam fikiran dan khususnya dalam membuat keputusan bisnis, baik yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Logika ini menjadi kunci bagi keberhasilan entrepreneur dalam self motivation. Jangan terjebak dengan perasaan yang dimiliki oleh setiap entrepreneur karena itu akan mematikan self motivation.

Orang  yang berada dalam keadaan sedih, apatis, bangga, sombong, tertekan dan marah adalah awal dari kegagalan untuk melakukan self motivation. Ini hanya akan memperburuk motivasi setiap entrepreneur. ketika sudah masuk pada aspek emosi, setiap entrepreneur lebih fokus pada bagaimana mereka hanya mengikuti emosi. Inilah kesalahan mendasar bagi entrepreneur dalam motivasi diri.

Selanjutnya, entrepreneur kembali kepada tujuan yang hendak mereka capai dalam bisnis. tujuan yang pastinya menjadi penyemangat diri tentang apa yang ada di depan mata. Mereka harus fokus pada bagaimana capaian akhir dari setiap entrepeneur. Bayangkan hal itu dan pastinya akan membuat entrepreneur kembali kepada dasar mereka berbisnis yaitu mencapai tujuan. Alangkah senangnya ketika tujuan bisa tercapai dan pastinya akan memberikan value kepada entrepreneur. so, mari lakukan self motivation mulai saat ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: