Assalamualaikum wr. Wb. 

Pa Kabar Kang Meriza, .... melalui kesempatan ini, saya bermaksud untuk menanyakan bebeapa hal sehubungan dengan visi bisnis yang selalu menjadi perhatian akang dimanapan bahasan tentang entrepreneurship. Memang kang, visi menjadi hal yang sangat mendasar bagi saya untuk menjelankan, menumbuhkembangkan bisnis serta menjadi semangat untuk terus fokus dijalan bisnis yang sudah saya pilih. 

Akan tetapi, apa sebenarnya esensi visi bagi para karyawan? kan mereka memiliki kepentingan yang berbeda dengan kita sebagai owner. Satu lagi, bagaimana menjelaskan atau melakukan sharing tentang visi perusahaan kepada mereka. Hal ini menjadi penting dan bersifat kritis ketika seringkali visi hanya sampai pada owner dan manajemen saja.
Mohon saran dari akang akan hal ini sehingga saya berharap semua karyawan saya juga memiliki visi yang sama dengan saya dalam menjalankan bisnis. Terima kasih atas tanggapan dan jawaban yang akang berikan. 

Wassalam

D. Ariyanti. Bandung


Waalaikum salam 

Inilah yang menjadi tantangan para entrepreneur dalam menjalankan bisnis serta membuat bisnis mereka menjadi tumbuh dan berkembang. Visi... itu merupakan impian yang hendak diraih oleh setiap entrepreneur dan menjadi acuan dalam menjalankan bisnis mereka. Tidak ada konsep bagaimana nanti atau bisnis mengalir seperti air karena salah satu ciri utama bisnis adalah harus memiliki keterukuran untuk setiap aktivitasnya. 

Visi itu merupakan salah satu karakteristik utama dari setiap entrepreneur dimana mereka harus memiliki impian yang hendak dicapai dalam menjalankan bisnis tersebut. visioner... untuk jangka panjang dan selalu saya bayangkan untuk 10 tahun yang akan datang. 

Hal ini penting bagi karyawan dan esensinya bagi mereka adalah menjadi arahan yang mereka ingin capai dan akan disinergikan dengan impian serta kepentingan pribadi mereka selama bekerja di perusahaan kita. Ini penting karena menyangkut bagaimana membuat bisnis ini juga dirasakan manfaatnya oleh setiap karyawan dan membuat mereka terlibat secara aktif dalam perusahaan. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa hal mendasar kepada mereka. pertama, samakan dulu persepsi karyawan atas visi owner dan visi perusahaan. hal ini disebabkan oleh faktor yang mendorong setiap orang itu adalah persepsi. Kedua adalah berikan pengalaman kepada mereka tentang capaian visi dan manfaatnya buat mereka seperti bonus ataupun fasilitas yang bisa mereka dapatkan. 

Ketiga adalah bagaimana coaching diberikan kepada karyawan karena menyangkut perubahan persepsi membutuhkan effort yang tidak sedikit dan metode coaching sangat efektif bagi manajemen untuk menyamakan persepsi dan mendorong mereka untuk terlibat dalam aktivitas mencapai visi tersebut. itulah yang perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur.... sukses buat kita semua....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: