Assalamualaikum

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada kang Meriza dan juga Koran Bisnis Bandung yang terus memberikan inspirasi dalam bentuk program tanya jawab ini. Banyak hal yang sudah saya dapatkan dengan membaca berbagai pertanyaan dan jawaban dari akang selama ini, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan bisnis yang dihadapi oleh para entrepreneur. 

Saya memiliki bisnis games online yang digabungkan dengan warung internet atau warnet disekitar kampus salah satu perguruan tinggi di Bandung. lumayan juga pertumbuhannya karena mesikpun baru berdiri selama dua tahun, tetapi, hasil yang didapat juga sudah mendekati target yang ditetapkan oleh saya dan teman-teman sebagai owner bisnis ini. terasa sekali benefitnya selama dua tahun ini.

Namun demikian, dua bulan terakhir, saya mendapatkan kondisi dimana tingkat persaingan semakin tinggi. Pemain dalam bisnis ini semakin bertambah dan para gamers mulai berpindah kepada tempat lain. Tentu membuat pendapatan bisnis saya menjadi menurun. Saya sudah mencoba untuk menawarkan program-program yang menarik kepada mereka, tetapi tetap saja belum menunjukkan hasil yang signifikan.

Oleh karena itu, melalui rubrik ini, saya berharap masukan dari akang tentang masalah yang saya hadapi dan berharap bisa berkontribusi pada peningkatan revenue yang dihasilkan dari konsumen yang selama ini memang sudah menjadi gamers di warnet saya. meski saya berkeyakinan kondisi ini hanya bersifat sementara.

Demikian saya sampaikan dan mohon kiranya masukan dari kang Meriza. Atas tanggapan dan saran dari akang, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalam, 

Cipta Budi 


Waalaikum salam Kang Cipta. 

Luar biasa, bisnis yang dijalankan oleh akang karena bisnis ini memang sering menjadi pilihan anak muda, khususnya yang berdomisili disekitar tempat-tempat anak muda berada. Salah satunya adalah kampus yang pastinya memiliki banyak mahasiswa. Akan tetapi, tentu tidak selalu mengutamakan games nya ya, karena itu nanti akan memberikan dampak yang kurang baik bagi anak muda.

Bicara tentang bisnis game online, tentu harus disadari bahwa need, want dan demand dari konsumen tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas games yang ditawarkan oleh Cipta. Kualita games yang ditawarkan tentu harus update dengan game-games yang terbaru sehingga membuat konsumen menjadi senang dan bahkan menyukai warnet akang. Itu yang pertama yang harus dilakukan.

Kedua, barulah melihat kepada fasilitas yang ditawarkan oleh warnet akang karena ini relevan dengan physical evidence dan juga place, dalam konteks bauran pemasaran yang diberikan dan ditawarkan oleh entrepreneur kepada konsumen mereka. dalam konteks ini, berupaya untuk memberikan convenience kepada para konsumen yang menjadi competitive advantage setiap warnet dibandingkan dengan warnet lainnya.

Oleh karena itu, cipta perlu melakukang sinergi dengan warnet lainnya dalam menjalankan bisnis ini. sinergi dalam artian bagaimana “berkolaborasi” dengan pemilik warnet lainnya. Sharing dengan mereka akan memberikan benefit dimana bisa mengetahui kondisi games yang disukai oleh para gamers dan juga bagaimana perilaku dari gamers yang terjadi saat ini. penting bagi kang Cipta untuk mengetahui hal ini.

Oleh karena itu, untuk bisa berhasil dalam bisnis saat ini, entrepreneur dituntut untuk bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen mereka dan salah satu poin utamanya adalah bagaimana melakukan sinergi dengan entrepreneur lainnya untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Sukses selalu untuk Kang Cipta.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: