Bicara main catur, rasanya... saya bukanlah pemain yang expert, akan tetapi, saya sangat menyukai bermain catur karena memang secara kasat mata, permainan ini benar-benar mengasah otak dan beradu strategi dengan lawan....hmmm..lalu apa hubungannya dengan para entrepeneur ya... sejak saya mengambil kuliah dan fokus mendalami strategic management dan entrepreneurship sehingga menampilkan sebuah ilmu yang penting untuk dipahami oleh setiap entrepreneur untuk meraih sukses yaitu strategic entrepreneur, ... rasanya, permaian catur memiliki korelasi yang sangat erat dengan bisnis itu sendiri. Saya teringat dengan pernyataan seorang ahli straegi bisnis, seiring dengan perubahan lingkungan bisnis (yang memang konteksnya strategic management) yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol, mengalami turbulensi sehingga membuat kesulitan untuk meramalkan lingkungan bisnis, maka setiap entrerpeneur perlu memiliki STRATEGIC THINKING.... yaitu bagaimana kemampun berfikir strategic.

 Hal ini dimakna secara sederhana bagaimana setiap entrepeneur perlu menjawab beberapa pertanyaan kunci dalam bisnis yaitu DIMANA posisi bisnisnya saat ini terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Positioning menjadi penting bagi entrepeneur terhadap bisnisnya. Hal ini relevan dengan main catur yaitu dimana posisi masing-masing pemain dengan bidaknya.... Kedua, menentukan kemana tujuan yang hendak dicapai. Where are we going to go.... ini mencerminkan visi karena strategi itu sifatnya jangka panjang. Dalam main catur, jelas visi nya memenangkan permainan. Tidak kalah penting pertanyaan ketiga adalah How do we go there... pertanyaan ini harus dijawab karena meminta gambaran bagaimana mencapai visi itu sendiri dan dalam bisnis harus ditetapkan strategi dan diturunkan ke dalam bentuk program, anggaran untuk menjalanakn program, SOP dan manpower untuk mencapainya. Dalam main catur, tentu harus ditetapkan langkah-lankah permainannya agar bisa mengalahkan lawan. inilah bagian dari strategic thinking yang harus dimiliki setiap entrepeneur. Maka, dengan main catur akan meningkatkan strategic thinking kita sebagai seorang pengusaha... so, mari main catur yuk.. he2...Let's be a strategic entrepreneur

O iya... just reminding... strategi itu apa sih? secara sederhana, strategi itu merupakan pilihan terbaik (pastinnya dari beberapa opsi) yang mampu memberikan SUPERIOR VALUE bagi konsumen dan perusahaan yang pastinya berawal dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta fokus kepada pencapaian tujuan. banyak pilihan strategi itu sendiri tergantung strategic level, 1 Corporate Level strategy (Ekspansi, stability, penciutan, kombinasi), 2. Business Level Strategy (Cost leadership, focus cost leadership, differensiasi, fokus differensiasi, kombinasi), 3. Functional level strategy (finance, marketing, operation, HR).. semoga bermanfaat ya.. sharing ilmu aja... intnya, saatnya menjadi ahli strategi untuk bisnis kita.... karena saya lagi berusaha untuk menjadi ahli strategi untuk bisnis saya juga.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: