Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kita kita bersaing di zaman marketing sekarang yang terus berkembang dimana pemasaran online lagi booming, kalau kita bisnis kuliner yang utama diperhatikan dalam marketingnya apa saja

Waalaikum salam wr. Wb.

Afriyadi, Dago  



Wasalamualakum wr. Wb.

Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur.

Berbisnis kuliner adalah bisnis yang sangat unik karena berhubungan dengan kebutuhan setiap hari manusia. Seringkali orang bilang bahwa kalau berbisnis kuliner tidak akan pernah ada matinya. Kalau dicerna secara kasat mata, jelas pernyataan ini bisa diterima karena makan adalah basic need dari setiap manusia yang akan bertahan hidup. Jadi, sampai kapanpun, makan itu tidak akan pernah berhenti untuk dipenuhi oleh setiap manusia.

Hanya saja, dalam konteks bisnis kuliner saat ini, tidak bisa statement itu di baca seperti itu karena sudah masuk kepada bisnis kuliner. Dalam konteks ini, sejatinya seorang entrepreneur tidak lagi bicara tentang basic need semata, akan tetapi harus bicara tentang want dan demand setiap konsumen kepada para entrepreneur, khususnya produk mereka. Want berhubungan dengan keinginan dari konsumen kepada produk tersebut. Kalau didalami, want ini berhubungan dengan value atau nilai yang diharapkan oleh setiap konsumen dan ini relevan dengan benefit yang terdiri dari produk makanan itu sendiri, orang-orang yang menyajikan, layanan sampai dengan image dari produ, perusahaan dan entrepreneur.

Tidak hanya itu, berhubungan dengan cost atau pengorbanan untuk mendapatkan makanan yaitu monetary cost, time cost, energy cost sampai dengan psychological cost. Oleh karena itu, tidak hanya melihat online marketing dalam konteks marketing, tetapi value yang akan diberikan kepada konsumen. barulah online marketing sebagai salah satu cara menyampaikan produk kepada konsumen. hanya saja, harus juga didukung oleh off line marketing karena inilah perilaku konsumen yang kalau melihat produk kuliner, harus dilihat, dirasakan, dicicip dicium dan bahkan di dengar. Kombinasi produk setelah rasa yang enak dan sesuai dengan want konsumen dengan online marketing dan off line marketing akan mempercepat suksesnya bisnis kuliner saat ini.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: