Bicara  uang, pasti ada aja yang menarik, karena memang pada hakekatnya bisnis itu berhubungan dengan uang yang harus dikelola oleh para entrepreneur dalam kegiatan sehari-harinya. Akan tetapi, titik kritis yang seringkali dihadapi oleh para entrepeneru adalah dalam hal pengelolaan uang. Seringkali mereka bermasalah dalam mengelola uang. Berikut tips-tips sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola uang

1.       Membuat anggaran penggunaan uang
Anggaran penggunaan uang menjadi kunci sukses bagi setiap entrepreneur dalam mengelola uang. Anggaran itu berisikan rencana penerimaan dan pengeluaran keuangan dalam perusahaan dan dalam dimensi waktu satu tahun. Aspek yang harus dipahami adalah anggaran biaya untuk keuangan, anggaran biaya untuk pemasaran, anggaran biaya untuk operasi dan anggaran biaya untuk sumber daya manusia. Basis yang digunakan dalam membuat anggaran adalah aktivitas yang relevan dengan proses bisnis perusahaan.  


2.       Disiplin terhadap anggaran yang sudah dibuat
Titik kritis kedua dalam pengelolaan uang perusahaan adalah bagaimana komitmen dan disiplin setiap entrepreneur terhadap penggunaan anggaran tersebut. Kedisiplinan menjadi penting karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur menjalankan setiap rencana yang sudah dituangkan dalam bentuk anggaran tersebut. 

3.       Dilakukan pencatatan atas keuangan setiap hari
Mencatat setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh para entrepreneur dalam bisnis mereka. Setiap transaksi yang berhubungan dengan uang, harus benar-benar dicatat agar tidak terlupa. Bahkan dicatat dalam sebuah sistem dan langsung dicatat setelah dilakukan transaksi keuangan.  

4.       \Menganalisis setiap minggu tentang pengeluaran dan pemasukan uang
Entrepreneur harus menganalisis kondisi keuangan setiap minggu sehingga bisa diketahui berapa uang yang sudah terpakai dan berapa sisa uang tersebut. Hal ini penting agar bisa diketahui kondisi keuangan perusahaan. 

5.       Membuat keputusan untuk kondisi keuangan berbasis TP = TR – TC
Apapun keputusan yang dibuat oleh entrepreneur, tetapi berbasisi kepada konsep profit dan benefit. Adapun profit sudah memiliki standar yaitu TP = TR – TC dimana TP adalah total profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi total cost. Setiap rupiah yang dikeluarkan oleh entrepreneur harus benar-benar bisa berkontribusi pada peningkatan total revenue dan menurunkan total cost.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: