Konteks yang selalu dibangun dalam diri setiap entrepreneur adalah bagaimana fokus dan konsisten menjadi seorang ashli strategi bisnis dan manajemen untuk bisnis yang mereka jalankan dalam rangka mencapai tujuan bisnis yaity profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini tidak akan muda dicapai karena akan menentukan bagaimana bisnis menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol sampai dengan mengalami turbulensi.

  1. Pahami bahwa bisnis itu berada dalam satu lingkungan bisnis
Ini harus menjadi perhatian karena berhubungan dengan apa yang ada dalam bisnis yaitu bisnis itu berada dalam sebuah lingkungan bisnis yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

  1. Lingkungan bisnis ini memiliki satu karakter
Lingkungan bisnis itu memiliki karakter selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi yaitu perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.

  1. Memahami bahwa lingkungan bisnis itu berpengaruh kepada entrepreneur
Pahami bahwa lingkungan bisnis ini akan mempengaruhi setiap bisnis entrepreneur karena tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang statis saja. Harus benar-benar dilihat sebagai sebuah perubahan yang pasti terjadi.

  1. Mengamati setiap perubahan lingkungan bisnis
Entrepreneur harus benar-benar bisa mengamati setiap perubahan lingkungan bisnis yaitu konsumen, pesaing, distributor, supplier sampai dengan lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi.

  1. Menganalisis dampak dari perubahan lingkungan bisnis
Setiap entrepreneur harus bisa menganalisis dampak dari setiap perubahan lingkungan bisnsi yaitu bisa menjadi sebuah kekuatan, kelemahan, peluang ataupun ancaman yang dapat membuat bisnis menjadi tidak konsisten dalam mencapai tujuan.

  1. Memiih strategi bisnis yang tepat
Setiap entrepreneur harus bisa membuat strategi yang tepat bagi bisnis mereka ketika sudah mengetahui dan menganalisis perubahan lingkungan bisnis sehingga akan bisa membuat bisnisnya fokus pada pencapaian tujuan bisnis.

  1. Memprediksi perubahan lingkungan bisnis
Perlu bagi setiap entrepreneur untuk memprediksi perubahan lingkungan bisnis yang terjadi disekitar bisnis mereka. Prediksi ini berhubungan dengan bagaimana memperkirakan apa yang akan terjadi dikemudian hari karena akan berpengaruh pada bagaimana entrepreneur itu mampu membuat keputusan nantinya.


Inilah beberapa tips menjadi binaan program CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: