Assalamualaikum Pak meriza,
Dalam pekerjaan, saya sudah bekerja selama 10 tahun dan menduduki posisi strategis. Berbagai pelatihan sudah saya ikuti dan mendapatkan pengetahuan, keterampilan yang relevan dengan pekerjaan sehari-hari. Sudah menyenangkan pak. 

Akan tetapi, seiring dengan perjalanan waktu, saya mulai berfikir bahwa tidak mungkin selamanya saya bekerja di perusahaan tempat saya bekerja saat ini. Pasti akan ada waktu dimana saya harus meninggalkan perusahaan ini dan mengerjakan suatu bisnis yang benar-benar saya kelola dengan manajemen yang saya gunakan. 

Saya tertarik dengan tulisan Bapak minggu lalu, dan semakin memperkuat keinginan saya untuk mengikuti jalan teman-teman yang sudah memilih untuk menjadi seorang entrepreneur. meskipun mereka masih menjadi employee atau karyawan perusahaan orang lain.
Melalui forum ini, bagaimana baiknya saya untuk memulai bisnis tersebut. karena saya sadar dengan keterbatasan waktu dan pengetahuan saya tentang bisnis itu sendiri. saya berharap bisa sukses di bisnis dan juga dipekerjaan saya saat ini.
Mohon saran dari Bapak.
Beben, Karyawan swasta, Bandung

Wassalamualaikum Kang Beben
Alhamdulillah, Koran Bisnis Bandung semakin banyak memberikan value bagi para pembacanya. Kami juga mendapatkan komentar yang positif terhadap koran ini dan juga rubrik tanya jawab bisnis. Semoga keberadaan koran ini akan terus memberikan manfaat bagi pembacanya. 

Yang menjadi menarik bagi saya dalam pertanyaan kang Beben adalah bagaimana memulai bisnis meskipun kang Beben saat ini masih berstatus sebagai pegawai. Penting untuk dipahami bahwa biasanya ketiga seseorang sudah mendapatkan posisi atau berada dalam situasi comfort zone, akan jarang untuk berpindah kepada aktivitas lain. Apalagi dalam bisnis karena kegiatan ini penuh dengan resiko. 

Apa yang perlu diperhatikan oleh kang Beben untuk memulai bisnis tersebut adalah, pertama, menetapkan tujuan dalam hidup ini. Hal ini penting. Tujuan hidup itu akan menjadi tuntunan kita dalam menjalankan setiap aktivitas, khususnya dalam bisnis. Tujuan ini tidak hanya menyangkut diri sendiri, juga berhubungan dengan kehidupan keluarga. 

Menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah adalah tujuan setiap manusia yang berkeluarga. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keuangan keluarga. Oleh karena itu, harus meningkatkan perekonomian keluarga.
Kedua, memahami passion kang Beben dalam bisnis. Passion tersebut menjadi sangat penting karena bisnis tersebut nantinya akan menghadapi berbagai kendala selama proses berjalan. Ketika kita memiliki passion dalam suatu bidang, akan membantu kita untuk menjalankan bisnis tersebut. 

Sebagai contoh, kang Beben memiliki passioin di otomotif. Saya menyarankan kang Beben untuk berbisnis diseputar otomotif. Jangan keluar dari passion kita tersebut karena dalam bisnis, kita akan menghadapi banyak kendala. 

Ketiga, menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman akang dalam berbisnis. Analisis terhadap diri dan lingkungan adalah kegiatan pertama yang harus dilakukan. Bisnis itu adalah create money, dan money itu ada di konsumen. Oleh karena itu, analisis lingkungan khususnya dari konsumen adalah penting sekali. Peluang dari konsumen akan mengarahkan kita untuk berhasil dalam bisnis tersebut. 

Demikian pula dengan diri sendiri. kekuatan yang ada pada diri harus terus ditingkatkan dalam bisnis tersebut. adapun kelemahan, harus segera ditutupi. 

Keempat, mulailah dari bisnis yang kecil. Ini penting untuk dipahami. Jangan berbisnis dari skala kecil dulu. Kenapa demikian? Perlu disadari bahwa menjalankan bisnis tersebut berbeda dengan kegiatan rutin kang Beben sebagai karyawan saat ini. Akang relatif kurang menghadapi resiko dalam bisnis. Beda halnya dengan bisnis sendiri. tantangan akan sangat besar dan resiko utamanya adalah bangkrut.  

Kelima, belajarlah bisnis dan manajemen. Bagi saya, yang paling utama adalah akang belajar dulu dalam menjalankan bisnis tersebut. Akang harus pahami apa itu bisnis. Ada empat kegiatan utamanya, keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Lalu, jelas, tujuan utamanya adalah profit atau laba selain people, planet dan sustainability. Selain itu, akan juga harus belajar lingkungan bisnis. 

Pada akhirnya, akang belajar manajemen. Manajemen untuk menjalankan bisnis tersebut, baik manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia.  

Keenam, memahami knowledge yang sudah didapat. Salah satu keunggulan akang dibandung teman-teman yang tidak bekerja adalah akang sudah memiliki pengetahuan tentang manajemen dan bisnis. Hal ini didapatkan dari pekerjaan dan juga berbagai pelatihan yang akang ikuti. dalami itu dan manfaatkan untuk bisnis tersebut.   

Ketujuh, pahami perubahan perilaku pasar dan produk kita sendiri. ingat, dua hal yang paling mendasar dalam bisnis adalah produk kita dan konsumen itu sendiri. produk itu adalah segala sesuatu yang kita tawarkan kepada pasar. Sementara, konsumen adalah setiap orang atau lembaga yang mengkonsumsi produk kita. 

Jadi, itulah yang harus akang lakukan untuk berbisnis sembari bekerja sebagai karyawan. Sukses terus ya kang...... 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: