Assalamualaikum wr. Wb kang Meriza
Pa kabar kang? Semoga sehat dan sukses terus memberikan pembinaan kepada para entrepeneur muda di Jawa Barat. Rubrik yang akan bina ini benar-benar memberikan value yang luar biasa kepada kami para entrepeneur karena banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam bisnis sehingga menuntut kami untuk mencari informasi yang relevan dengan bisnis itu sendiri. keberadaan rubrik tanya jawab ini menjadi salah satu sumber inspirasi bagi kami. Terima kasih  kang Meriza.

O iya, saya sekalian bermaksud bertanya kepada akang yang memang relevan dengan masalah bisnis yang saya hadapi saat ini. bisnis saya adalah fashion dan saya jalankan bersama istri. Akan tetapi, saya mengalami kendala dalam hal pemasaran produk kepada konsumen. Padahal saya sudah menggunakan media promosi yang tidak sedikit untuk membuat mau membeli produk yang kami tawarkan kepada mereka.

Saya sudah menggunakan media promosi, baik sosial media maupun yang off line dengan membuat iklan di koran, majalah dan juga lainya. Akan tetapi, hasilnya belum optimal memberikan value bagi bisnis yang saya kembangkan. Saya menjadi bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi? Harapan saya adalah akan banyak orang yang membeli produk saya ini.

Perlu akan ketahui, saya membuat produk ini dengan menekankan kepada kualitas karena kualitas adalah harga mati yang saya tawarkan kepada konsumen. Konsumen akan membeli produk yang berkualitas dan itu tidak bisa ditolak lagi. Tetapi, kenapa ya tidak bisa juga menjadi daya tarik bagi para konsumen?

Mohon saran dari akang ya untuk membuat komunikasi atau promosi saya ini bisa efektif dalam bisnis sehingga banyak produk yang dibeli oleh para konsumen. Atas tanggapan yang akan berikan kepada saya, terima kasih.
Wassalam
Suryo, Bandung

Wassalam Mas Suryo.
Terirma kasih atas tanggapan yang mas suryo sampaikan dalam surat yang dikirim kepada saya karena keberadanaan rubrik ini bisa memberikan benefit kepada akang dan perusahaan. memang rubrik ini sebagai bagian dari sumber informasi dan juga inspirasi dalam membangun bisnis dan menyelesaikan permasalahan bisnis yang selalu dihadapi oleh para entrepeneur dalam menjalankan bisnis mereka.

Saya sangat bangga dengan kreativitas anak muda saat ini dimana mereka memiliki berbagai  media yang bagi saya sangat menguntungkan ketika media tersebut dapat dibayar dengan harga yang tidak mahal, akan tetapi dampaknya luar biasa karena jelas setiap produkyang ditawarkan tidak membutuhkan biaya yang tinggi dan mahal untuk membayarnya.

Akan tetapi, ada satu hal dalam konsep promosi yang perlu diperhatikan oleh para entrepeneur yaitu 5 M yang seringkali dipertimbangkan untuk membuat program promosi. Apa itu? Mean atau tujuan dari promosi itu sendiri, man, yaitu orang yang bertanggungjawab terhadap dalam program promosi, money atau anggaranyang digunakan serta media yang digunakan untuk berpromosi.

Akan tetapi, ada M yang paling penting yaitu message atau pesan yang disampaikan kepada para konsumen. Message ini menjadi jantungnya promosi yang dijalankan oleh para entrepeneur. dan salah satu message yang harus disampaikan itu adalah kualitas produk yang dihasilkan entrepeneur. kualitas ini berhubungan dengan kesesuaian atau fitness of use dari produk dengan yang diinginkan oleh konsumen.


Konsep QCDS bisa menjadi acuan bagi entrepeneur dalam mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Dan kualitas adalah yang paling penting selain cost atau biaya yang relatif bersaing dengan produk lainnya, delivery time serta srvice yang diberikan kepada konsumen. Jelas inilah yang harus dikomunikasikan kepada konsumen dalam berpromosi. Itu dulu yang mas suryo... sukses selalu
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: