Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas kesempatan dalam konsep Belbiz on Radio yang selalu saya ikuti. Terima kasih juga ilmunya. O iya Bapak, selalu dikatakan bagaimana setiap entrepreneur harus bisa memiliki daya saing yang berkelanjutan, apa yang harus saya lakukan untuk mencapainya? Terima kasih atas jawaban yang Bapak berikan.
Waalaikum salam wr. Wb.
Yana Juliana – setrasari



Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih kembali atas partisipasi dalam belbiz on Radio ini dan semoga akan terus diikuti serta terus memberikan manfaat bagi para sahabat Belbiz untuk meningkatkan bisinsnya dengan basis pengetahuan bisnis dan manajemen yang sejatinya menjadi dasar untuk menumbuhkembangkan bisnis.



Bicara tentang daya saing, jelas sekali bagaimana setiap entrepreneur itu harus benar-benar fokus pada pencapaian daya saing yang berkelanjutan. Jelas sekali ini seiring dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi dan menuntut para entrepreneur untuk bisa mencapai kinerja yang tinggi dalam konteks keuangan pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.



Dalam konteks ini, pilihan menjadi bisnis yang berdaya saing ada pilihan untuk cost leadership, focus cost leadership ataupun differensiasi, focus differensiasi serta cost leadership menuju differensiasi atau differenisasi menuju cost leadership. Hal ini harus benar-benar menjadi point utama yang harus dipilih oleh para entrepreneur dalam membangun bisnis karena berhubungan dengan bagaimana menjadi seorang ahli strategi bisnis.



Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus benar-benar bisa membuat bisnis  yang fokus pada salah satu strategi di atas. Selanjutnya, membuat program untuk cost leadership yaitu bagaimana mengefisienkan setiap proses bisnis yang ada dalam perusahaan. setiap proses bisnis yang ada harus benar-benar dikontrol untuk bisa mendapatkan biaya proses produksi yang dapat membuat daya saing. Tidak ada lagi biaya yang tidak relevan dengan bisnis para entrepeneru.



Adapun untuk differensiasi, akan terus dikembangkan kativitas dan inovasi dalam setiap aktivitas bisnis mulai dari keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia yang relevan dengan bisnis para entrepreneur. disinilah setiap entrepreneur harus benar-benar kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis sehingga mampu mencapai daya saing yang berkelanjutan.



Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 12 Agustus 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: