Assalamualaikum
Selamat pagi Kang Meriza, senang sekali mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan Program Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM. Banyak inspirasi yang saya dapatkan dan juga pengetahuan yang baru untuk mengembangkan bisnis yang saya jalankan.

Sebenarnya, saya juga termasuk karyawan yang memiliki bisnis yang bergerak di bidang pendidikan. Jadi, selain pegawai, saya juga memiliki aktivitas lain yang dijalankan oleh istri dan dibantu oleh beberapa orang karyawan.

Saya seringkali mendapatkan pengetahuan dari teman-teman pengusaha yang menekankan para outcome daripada output. Seringkali saya merenung, apa sih sebenarnya konsep tersebut. Karena kata teman saya, untuk unggul dalam bisnis saat ini, salah satunya setiap entrepeneur harus berorientasi pada outcome, bukan output.

Saya berharap Bapak memberikan masukan kepada saya dan bisnis yang saya jalankan. Saya yakin, penjelasan akang juga akan bermanfaat pada pekerjaan saya sebagai pegawai dalam melayani konsumen.

Demikian akang dan atas jawabannya, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalam
Agustriandi, Cimahi

Wassalan Kang Agus

Berbicara tentang kenggulan bersaing bisnis kita dengan orang lain, itu adalah sesuatu yang harus dipahami dengan baik karena itu berhubungan dengan perubahan lingkungan bisnis yang terus berubah dan berdampak pada kinerja usaha yang kita jalankan juga. Pesaing sudah sangat “menggila” dalam berbisnis dan  salah satunya upaya untuk menang adalah mencapai competitive advantage. Harus unggul dari pesaing.

Untuk mencapainya, seorang entrepeneur harus berfikir outcome dan bukan lagi output setelah input dan process. Jadi, alur berfikirnya adalah input, process, output dan outcome. Dalam output, orang lebih menekankan pada program yang dijalankan sesuai dengan target. Jadi, yang penting, program selesai.

Akan tetapi, pada outcome, lebih dari itu. Program yang dijalankan tersebut harus bisa memberikan kepuasan atau satisfaction kepada stakeholder khususnya konsumen. Inilah yang perlu akang perhatikan dalam bisnis dan juga tempat kerja sebagai pegawai.

Bisnis tersebut punya konsumen, jadi outcome dari kegiatan bisnis itu adalah bagaimana konsumen puas. Demikian juga dengan pegawai, konsumen ditempat kerja akan harus puas sebagai bentuk dari outcome nya. Itu dulu ya kang, sukses buat kang Agus.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: